Jika ide menulis lagi kosong

Sedikit tips buat yang sering kehilangan semangat menulis untuk mengisi blog. Ya, gak ada kewajiban sih harus mengisi blog seberapa sering. Tapi dengan sering diisi, akan memudahkan anda untuk melatih kemampuan bahasa dan sekaligus memperlebar jaring kedatangan pengunjung.

Sebenarnya cara ini sangat jarang saya lakukan. Prinsipnya sih sama, cuma yang saya lakukan sekarang lebih auto dan lebih cepat. Nanti, kalau anda sudah terbiasa, anda juga akan menemukan caranya. Memang butuh latihan, tapi yakinlah pasti bisa suatu saat ini.

1. Jangan tentukan aturan yang spesifik di awal

Ini aturan dasarnya. Jika anda melanggar ini, maka anda sudah membuat kesalahan besar. Dijamin deh walaupun anda sudah menghadap monitor 30 menit, tak ada satu tulisanpun yang dihasilkan.

2. Pilih satu barang apapun di sekitar anda, lalu mulai tulis

Barangnya boleh apa saja. Bisa jadi itu monitor anda, website yang sedang anda buka, bolpoin, meja komputer atau bahkan mungkin foto keluarga anda. Pilih salah satu barang dan tulislah barang apa itu.

3. Tulis nama kegiatan yang berhubungan dengan blog anda.

Misalnya blog anda bicara tentang mobil, maka tulislah kegiatan yang berhubungan dengan mobil. Misalnya menyetir, balap mobil, perbaikan mobil, persewaan mobil, dll.

4. Tulis tema dasar blog anda.

Khusus yang ini boleh sama untuk setiap artikel. Karena ini adalah jalur utama tulisan anda nantinya. Anda bisa sih mencari kata-kata lain yang berhubungan dengan tema dasar. Misalnya kalau dalam contoh ini mobil, anda bisa menggunakan truck, sedan, jeep, city car, dll.

5. Mulai merangkai paragraf awal.

Belajar MenulisSampai sini, seharusnya anda sudah melihat ada 3 kata di layar monitor. Misalnya kita ambil contoh katanya adalah : foto keluarga, sewa, mobil. Dengan mudah kita bisa membuat cerita yang ada hubungannya dengan keluarga, persewaan dan mobil. Apalagi sekarang mau dekat hari raya, anda bisa mulai bercerita soal bisnis persewaan mobil keluarga menjelang hari raya.

Mungkin anda bisa merekomendasikan tempat-tempat persewaan mobil yang murah, anda juga bisa memberi tips, bagaimana memilih mobil untuk disewa atau bagaimana merawat mobil sewaan. Anda juga bisa menunjukkan hak-hak seorang penyewa mobil, harga rata-rata sewa mobil, dll.

Selain itu, anda juga bisa memberitahu kepada pengunjung apa saja yang diperlukan saat kita membawa keluarga pulang kampung. Apakah perlu sopir cadangan atau bahkan bagaimana mengatur perencanaan untuk istirahat bila memang hanya ada 1 sopir.

Lihat kan, dari ide-idenya saja saya bisa membuat satu tulisan, apalagi kalau ide-ide itu dijadikan tulisan betulan, bisa jadi satu web sendiri tuh. Nah, ternyata begitu mudah bukan membuat tulisan. Semua hanya berbekal barang-barang di sekitar kita.

Jika butuh data-datanya, kan ada om Google yang selalu setia menemani perjalanan kita di dunia maya. Betul??


Warning: Use of undefined constant related_posts - assumed 'related_posts' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/zavieror/public_html/wp-content/themes/twentychild/single.php on line 42

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Belajar Menulis. Bookmark the permalink.

13 Responses to Jika ide menulis lagi kosong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *