Blogwalking Yuuk

Ada kebiasaan lama para blogger pendahulu yaitu blogwalking alias saling berkunjung. Kebiasaan ini mungkin masih dilakukan oleh beberapa blogger yang memang blogger sejati alias tidak ada tendensi bisnis di dalamnya.

Dulu saya sering berkunjung ke Priyadi.net karena memang banyak hal yang bisa saya dapatkan disana. Ilmu-ilmu baru, pengalaman-pengalaman seru sampai bisa blogwalking ke blog2 para komentator.

Tapi rupanya mas Priyadi sudah mulai jarang OL. Terakhir postinganya adalah tanggal 30 Juni 2008. Yah, untunglah sekarang ada kampanye Aku Ngeblog, Kamu? Mudah-mudahan ada banyak orang baru muncul di blogosphere, memberikan artikel-artikel barunya dan membaginya kepada kita semua.

Lama-lama saya sendiri juga bosen membaca blog yang bicara soal bisnis online. Pengen juga baca blog-blog yang menceritakan pengalaman sehari-hari pemiliknya, pelajaran2 hidup yang dia dapat hari ini atau mungkin kisah-kisah lucu saat perjalanannya ke kantor.

Sekali-kali kita perlu kok bicara yang gak ada hubunganya dengan SEO. Menulis dengan bebas dan menunjukkan sisi kemanusiaan kita. Memang sih tidak semua orang suka hal ini, tapi tidak semua orang tidak suka kan? Lihatlah facebook, disana dibicarakan hal-hal yang sepertinya tidak penting.

Lagi nunggu anak lah, lagi masak, lagi di masjid mau sholat sampai cerita-cerita baru ketemu si ini dan si anu. Tapi lihatlah, teman-temannya suka akan tulisan-tulisan singkat itu. Dan saya yakin, sebagian besar manusia juga ingin mengetahui perasaan dan harapan temannya.

Nah, mari kita budayakan blogwalking yuk. Dan kalau masih kurang semangat, ini saya beri ilustrasi:

Misalnya sehari anda mampu blogwalking ke 50 orang. Dan masing-masing dari mereka juga mengunjungi anda, maka dalam sehari anda mendapatkan 50 kunjungan.

Jika memang artikel anda bagus, mereka pasti akan mampir lagi besok untuk membaca artikel terbaru anda. Percaya atau tidak, dulu cafeblogger dibangun dari blogwalking. Dulu saya tidak kenal SEO, tidak kenal yang namanya hypnotic writing. Saya menulis karena saya suka dan saya menulis apa yang saya rasakan. Alhamdulillah blog ini akhirnya jadi besar, bahkan setelah traffiknya saya pecah ke cafebisnis.com sekalipun masih cukup besar


Warning: Use of undefined constant related_posts - assumed 'related_posts' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home2/tokoalga/lutviavandi/wp-content/themes/twentychild/single.php on line 42

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Blog WP Indonesia. Bookmark the permalink.

60 Responses to Blogwalking Yuuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *