Blogwalking anti Nyepam

Sebenarnya yang dimaksud spam itu apa sih? Dulu istilah spam hanya dipakai di email karena email merupakan wilayah privacy dan tidak sembarang orang boleh dengan seenaknya mengirimkan email ke kita tanpa persetujuan dari kita sebelumnya.

Apalagi isi emailnya benar-benar tidak sesuai dengan yang kita butuhkan. Misalnya email viagra, ajakan program investasi yang gak jelas atau tawaran2 produk kosmetik padahal kita ini cowok.

Nah, dalam perkembangannya, teknik pemasaran mulai bergeser. Sekarang orang banyak menyerbu media-media lain untuk promosi. Ini karena spammer email sudah terlalu banyak dan padat. Saya sendiri lebih banyak delete all daripada baca emailnya.. hehehe.. Dari 30 email biasanya cuma 2-3 aja yang saya baca.

Bergesernya kemana? Sasaran pertama adalah blog. Para spammer mulai meracik software-software untuk melakukan aksi komentar secara massal. Mengirimkan pesan ke ribuan blog yang sesuai dengan kata kunci yang dia target. Bahkan ada yang lebih edan lagi dengan menyerang semua artikel berjudul Hello World atau halaman /?p=1 yang merupakan artikel default WordPress.

Tujuannya bukan cari backlink, tapi untuk mengirim pesan ke pemilik blog tentang produknya. Walaupun komentarnya kena moderasi, si pemilik blog kan pasti baca tuh, jadi sama aja dengan kirim email massal kan? So, jangan terlalu senang kalau dapat komentar dari bule.. hehehe..

Nah, banyaknya spammer komentar ini kemudian disiasati oleh banyak pemilik blog dengan memasang aneka tool penangkal spam. Salah satu Akismet. Tapi plugin ini bekerja terlalu bagus sehingga seringkali komentar yang benar-benar sesuai dengan tulisan kita malah kena jaring. Kok bisa?

Plugin Akismet secara otomatis mengirimkan nama, email, URL, IP dan komentar yang ditulis ke server Akismet. Disana, pesan diolah dan kemudian diputuskan ini termasuk spam atau tidak.

Bagaimana komentar wajar dianggap spam?

Salah satu ciri komentar spam adalah submit di 2 blog atau lebih dalam waktu hampir bersamaan. Padahal realitanya, secepat apapun orang membaca dan mengetik komentar, akan membutuhkan waktu lebih dari 1 menit. Lha komentator ini dalam 1 menit bisa komentar ke 10 blog sekaligus. Apalagi isinya sama semua, “Nice post Gan!” atau “Artikel yang bagus”

Walaupun anda tidak memakai software aneh-aneh kalau anda kejar setoran gitu dalam blogwalking ya jangan heran kalau anda akan dianggap spammer sehingga komentar anda masuk ke bagian spam.

Makanya kalau blogwalking, mending santai tapi rutin daripada sehari langsung nyerbu puluhan blog sekaligus. Boleh jadi gara-gara serbuan anda itu, komentar bermutu anda justru dianggap sebagai tindakan spamming.


Warning: Use of undefined constant related_posts - assumed 'related_posts' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home2/tokoalga/lutviavandi/wp-content/themes/twentychild/single.php on line 42

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Strategi Promosi. Bookmark the permalink.

20 Responses to Blogwalking anti Nyepam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *