Alternatif Bisnis Blog Indonesia

Setelah berulang kali saya beri penjelasan tentang penggunaan AdSense for Content untuk blog Indonesia bahwa saat ini AdSense for Content belum diijinkan dipasang di blog berbahasa Indonesia. Tapi entah darimana asalnya, tiba-tiba aja terjadi booming munculnya blog-blog berbahasa Indonesia yang dipasang iklan dari Google AdSense.
Dengan semakin banyaknya pemasang iklan Google AdWords dari Indonesia, memungkinkan munculnya iklan-iklan untuk keyword berbahasa Indonesia. Tapi bukan berarti munculnya iklan di blog bahasa Indonesia menandakan Google AdSense memperbolehkan hal ini. Jadi, selama belum ada pengumuman resmi dari Google AdSense perihal penggunaan AdSense for Content untuk bahasa Indonesia, berarti pemasangan AdSense di situs berbahasa Indonesia masih DILARANG.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada pesaing dari Google AdSense. Bukan cuma satu, tapi TIGA !! Nah, kita harapkan tim Google AdSense akan melihat hal ini dan segera melakukan tindakan nyata. Karena kalau tidak, para pengiklan dari Indonesia akan beralih memasang di pesaing-pesaing lokal Indonesia tersebut. Siapa saja pesaing Google AdSense ini??

KLIKSAYA.COM

KlikSayaSebenarnya kliksaya ini lebih mirip AdBrite daripada AdSense. Pemasang iklan bisa menentukan sendiri mau pasang iklan disitus mana. Ada juga pilihan untuk memasang iklan di semua situs. Tampilan iklannya mirip sekali dengan AdSense. Dan perkiraan saya, kemunculan iklan kliksaya ini yang kemudian oleh para pemula dianggap sebagai iklan AdSense dan kemudian mereka rame-rame memasang iklan AdSense setelah melihat banyak situs2 lokal memasang iklan kliksaya.com.

Kembali ke kliksaya, sebagai pemasang iklan, anda bisa melakukan penawaran nilai per klik. Minimal tawarannya adalah Rp. 300,-. Misalkan pemasang iklan ingin memasang iklan di semua situs penerbit seperti yang saya lakukan, maka cukup mematok harga per kliknya. Jadi, jika anda melakukan deposit sebesar Rp. 100.000,- dengan pengeluaran per klik Rp. 300,- maka anda akan mendapatkan pengunjung sebesar 333 pengunjung unik.

Iklan yang muncul adalah iklan dengan harga per klik paling tinggi. Jika sama, maka akan digilir pemunculannya. Sebenarnya ada kelemahan system ini, yaitu jika ada pemasang iklan yang mematok nilai tinggi, maka iklannya akan terus muncul di setiap blog penerbit. Cape deeh.. Saya sudah mencobanya dengan memasang iklan Rp. 350 untuk semua penerbit dan hasilnya, iklan saya selalu muncul disetiap blog penerbit kliksaya … hehehe…

Bagi penerbit iklan, anda akan memperoleh 50% dari nilai tawaran. Misalnya ada yang memasang iklan di blog anda dengan tawaran Rp. 400,- maka anda akan mendapatkan Rp. 200 untuk setiap kliknya. Bagaimana jika pengunjung mengklik beberapa kali? Jika di klik berkali-kali, maka yang terhitung hanya sekali saja.

PPCINDO.COM

PPC IndoYang ini datang dari Surabaya (masih tetangga kota). Aturan mainnya sangat menguntungkan pemasang iklan. Kenapa? PPCIndo menerapkan system tarif flat untuk setiap iklan. Dan iklan yang muncul diacak sehingga tiap kemunculan bisa berbeda-beda. Dibandingkan dengan kliksaya, pengunjung akan melihat iklan-iklan yang berbeda saat menelusuri halaman-halaman blog.

Harga per klik dipatok Rp. 100,- dan semuanya diberikan kepada penerbit. Pihak PPCIndo hanya memotong sebesar 20% dari deposit. Jadi misalnya kita deposit Rp. 100.000,- maka Rp. 20.000,- akan langsung dipotong oleh PPCIndo. Sisanya Rp. 80.000,- akan dikurangi Rp. 100,- per klik. Jadi dengan Rp. 100.000,- anda akan mendapatkan 800 pengunjung unik. Murah bukan??

KUMPULBLOGGER.COM

kumpulbloggerSaya belum mencoba menjadi pemasang iklan di kumpulblogger.com, saya juga belum mencoba menerbitkan iklan kumpulblogger. Untuk tampilan iklan kumpulblogger memang paling berbeda dibanding PPCIndo maupun kliksaya. Tapi karena tidak ada pembatasan karakter untuk pemasangan iklan atau batasannya yang terlalu besar, sehingga iklan-iklan yang muncul tampilannya kurang menarik.

Saat saya menulis artikel ini, belum ada pemasang iklan di kumpulblogger. Harga pemasangan iklan di kumpulblogger bisa dibilang paling mahal. Per klik nilainya Rp. 500,- Walaupun mahal, pendapatan penerbitnya bisa dibilang kecil banget. Untuk Top Revenuenya aja dengan 5,734,736 tampilan, cuma mendapat penghasilan Rp. 291,000,-

Menurut saya, kumpulblogger harus lebih berbenah lagi dalam penyajian iklannya. Karena jika bertahan dengan kondisi seperti ini bukan tidak mungkin para pengiklan akan kabur ke pesaing-pesaing yang lain.

KESIMPULAN

Anda sudah melihat semua pesaing baru Google AdSense. Selama Google masih bertahan dengan keputusannya melarang pemasangan AdSense di blog Indonesia, maka kitapun harus melakukan sedikit shock terapi dengan mengalihkan iklan-iklan kita ke pesaing-pesaing Google diatas.

Perlu diketahui, pemasang iklan AdSense dari Indonesia rata-rata cuma berani melakukan tawaran yang kecil sehingga pendapatan kita rata-rata antara $0.01 – $0.03 atau dengan kurs Rp. 9.000 pendapatan kita cuma Rp. 90 – 270 saja. Udah gitu system pembayaran AdSense bisa dibilang sangat ribet. Bayangkan, setelah mencapai $100, kita masih harus menunggu cek datang selama 3-4 minggu. Setelah itu untuk mencairkan butuh 30-40 hari. Belum selesai sampai situ kita masih dipotong Rp. 100.000 jika di citybank atau $20 jika di Niaga.

Sedangkan ketiga PPC diatas, pembayarannya sebulan sekali dengan minimum pembayaran cuma Rp. 50.000 dan uang datang hari itu juga karena ditransfer ke Bank. Rata-rata menggunakan Bank BCA dan bisa menggunakan rekening Bank orang lain.

Nah, setelah mempertimbangkan itu semua, masihkah anda bersikeras menantang maut memasang AdSense di situs Indonesia?? Jika anda dibanned sekarang, lalu bulan depan bahasa Indonesia diijinkan, apa ndak menyesal nantinya?? Saran saya, sebelum Bahasa Indonesia diijinkan, mari kita majukan PPC Lokal. Baru setelah bahasa Indonesia diterima, hukum rimba kembali diterapkan hahaha.. Maju Tak Gentar Membela yang Bayar Tinggi..


Warning: Use of undefined constant related_posts - assumed 'related_posts' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home2/tokoalga/lutviavandi/wp-content/themes/twentychild/single.php on line 42

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Pay Per Click and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

43 Responses to Alternatif Bisnis Blog Indonesia

  1. Pingback: Pasang Iklan Otomatis | Tanpa captcha » Blog Archive » Pendaftaran Bulan Pertama di Tutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *