Seberapa Sering Update?

Ini juga termasuk pertanyaan yang sering diajukan kepada saya. Bukan bertanya seberapa sering saya update blog, tapi bertanya idealnya seberapa sering sebuah blog itu update dan kaitannya dengan SEO bagaimana?

Saya yakin penanya mengharapkan sebuah jawaban berupa angka. Padahal jawaban berupa angka seringkali malah meleset dan mudah dibantah. Maka jawaban saya gampang saja. Tergantung seberapa cepat anda menulis.

Bagi mereka yang mampu menulis sebuah artikel dalam waktu kurang dari 30 menit, maka update setiap hari atau malah 3 kali sehari (mungkin cerita makanan apa yang sedang dimakannya saat ini hehehe) tidak akan jadi masalah. Jika saya katakan idealnya sehari sekali anda harus update, maka itu akan jadi bencana besar jika untuk membuat sebuah artikel saja anda butuh berjam-jam mengerjakannya.

Seringkali para blogger pemula mengejar idealisme sebagaimana dituntunkan oleh para guru blognya. Padahal segala sesuatu itu harus dijalankan secara bertahap. Apalagi bagi mereka yang jarang sekali bergerak di bidang penulisan atau jurnalistik.

Maka saya sangat menyarankan agar anda menulis dengan penuh kesenangan dan suka cita. Tak perlu memaksakan hal-hal yang membuat anda semakin cepat bosen. Anda bisa mulai menulis bidang-bidang yang mungkin bukan bidang anda jika kemampuan menulis sudah cukup bagus. Sehingga, menulis di bidang selain bidang anda akan jadi sebuah tantangan tersendiri dan tentunya keasyikan tersendiri.

Berbeda banget lho tulisan yang ditulis dengan jiwa dan tulisan yang ditulis dengan asal update. Bukan masalah panjang pendeknya, tapi pada pemilihan kata-katanya dan pesan-pesan tak nampak yang tersirat dari sebuah tulisan.

Sekarang anda tahu seberapa sering anda harus update blog?

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in WordPress Basic. Bookmark the permalink.

8 Responses to Seberapa Sering Update?

  1. indoasli says:

    saya update seminggu sekali malah, lama

  2. Menulis dengan jiwa, sungguh kata yang inspiratif dan penuh makna. Pantes aja, ada orang bisa menilai orang dari tulisannya.

  3. indra zudin says:

    wah, bagi seorang karyawan swasta (kecuali wartawan kali yaaa), memangnya agak-agak sulit untuk update setiap hari, seminggu sekali rasanya waktu yang pass buat review segala aktivitas yang telah kita lakukan

  4. bener juga nih, masalah posting kadang bikin para blogger bingung, mksh atas pencerahannya…

  5. roman says:

    makasih mas atas infonya,,

  6. bookgedebug says:

    Bagus sarannya Mas. Saya pribadi baru buat blog dan ternyata menulis di blog susah – susah gampang. Pertama harus punya waktu lalu menuangkan pikiran dalam tulisan. Sehari-hari kerjaan saya menulis, baik untuk magazin ( panjang, feature – 30 menit ) sampai daily news ( 1-2,5 menit ), tapi pas ngeblog, agak beda ya Mas. Gak tahu mulai dari mana dan fokusnya ke pembaca siapa? Kayaknya harus ngukur diri sendiri ke segmen apa pembacanya. Selain itu, juga gak ada ukuran, seperti rating misalnya yang mengukur tulisan kita apakah dilihat atau ditonton banyak orang ( televisi ) Boleh minta sarannya mas, agar blog kita bisa dibaca banyak orang seperti yang dikelola mas ?

  7. Mediasiana says:

    Menulis dengan jiwa, sungguh kata yang inspiratif dan penuh makna. Pantes aja, ada orang bisa menilai orang dari tulisannya.

  8. sciencefair says:

    duh…gimana donk yang jarang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *