Quick Count Pilpres 2009

Hari ini jutaan warga negara Indonesia berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan hasrat eh suaranya. Masing-masing punya pilihan. Setidaknya ada 4 pilihan yang harus mereka ambil. No. 1, 2, 3 atau gak milih sama sekali. Tapi ada juga yang terpaksa tidak memilih hanya karena aturan pemilihan yang sedikit kisruh.

Tapi terlepas itu semua, selalu ada trend menarik di setiap pemilihan. Yaitu Quick Count. Metode untuk mengetahui hasil perolehan suara secara cepat, dan hebatnya tingkat kesalahannya sangat kecil. Quick Count Pilpres 2009 kali ini juga mulai di gelar oleh beberapa lembaga survey. Bahkan salah satu TV swasta negeri inipun menggelar Quick Count Pilpres 2009 sendiri.

Lalu bagaimana sih sebenarnya metode Quick Count Pilpres 2009 ini? Ada beberapa metode sebenarnya, tapi yang biasa dipakai adalah 2 pola.

1. Sample Vote

Metode ini mengambil hasil suara dari beberapa daerah. Tentu saja ada pertimbangan tertentu untuk memilih daerah yang dijadikan sample. Setelah itu dengan beberapa hitungan rumit, didapatlah hasilnya.

2. Quick Real Count

Metode yang ini paling mendekati kebenaran, tapi memang hasilnya lebih lama dan butuh SMS center yang kuat. Lembaga yang menggunakan metode ini biasanya PKS. Caranya dengan menyebar kader ke berbagai PPS Kelurahan. Dari sana, hasil tiap kelurahan dikirim ke DPD setempat. Lalu oleh DPD langsung di forward ke DPP. Maka bisa dikatakan hasilnya benar-benar akurat.

Meskipun begitu, Quick Count Pilpres 2009 juga mengandung beberapa polemik. Apalagi jika ternyata di kemudian hari butuh pencontrengan ulang, bisa saja calon pemilih terpengaruh hasil Quick Count ini.

So, mari kita sama-sama melihat perbandingan antara hasil Quick Count Pilpres 2009 dengan Real Count Pilpres 2009

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Catatan and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Quick Count Pilpres 2009

  1. wilianto says:

    Mudah-mudahan aja gak ada pencontrengan ulang… Biar gak ngabisin duit negara… HeheheX

  2. shanushy says:

    quick count adalah sebagai gambaran awal hasil pemilu, namun hasil sesungguhnya perhitungan manual KPU
    ……
    moga cukup satu putaran aja…
    karena
    pesta demokrasi dengan biaya besar yang berpesta bukan rakyat tapi.. hanya sekelompok elite politik

  3. Akhirnya berlanjut juga…
    We will miss u JK…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *