Pasang Iklan Disini

Pasang memasang iklan saat ini sudah menjadi aktifitas rutin para pebisnis online. Bagaimana tidak, bahkan saya yang sudah memiliki 300 afiliasi saja, masih perlu melakukan rangkaian promosi (yang sebagian besar hanya untuk penelitian). Beberapa sarana promosi sudah saya coba dan ada juga yang belum (karena terlalu mahal).

Berikut ini penelusuran saya tentang program-program periklanan dan silahkan anda memilih sendiri mana yang efektif. Program-program berikut ini hanya membahas program yang berbayar saja. Jadi kalau mau yang gratisan, tunggu episode berikutnya

IKLAN DI BLOG SELEBRITIS

Sasaran pertama adalah pemasangan iklan di blog selebritis. Ya, beberapa selebritis mulai pasang tarif untuk memasang iklan di tempatnya. Harganya?? Sangat bervariasi. Ada yang tidak mau terbuka seperti ini dan itu, ada juga yang transparant. Untuk yang nggak terbuka tidak perlu kita bahas, karena nggak jelas.. hehe..

Di Cosaaranda.com tarif termurah untuk pasang iklan adalah Rp. 200.000/bulan dengan tampilan iklan rata-rata 30.000 – 40.000 tampilan. Iklan diletakkan di bagian bawah artikel sebelum komentar. Anda bisa membuat iklan lebih banyak tampil dengan membayar Rp. 350.000/bln dan mendapatkan tampilan iklan sebanyak 90-120 tampilan. Iklan dalam bentuk banner ukuran 468 x 60 dan dirotasi.

Jika anda ingin iklan yang lebih “terlihat” anda bisa memasang di samping dengan harga Rp. 350.000/bulan dengan tampilan iklan rata-rata 50 – 100 ribu tampilan. Iklan berukuran 125 x 125 dan seperti diatas, iklan juga dirotasi.

Dulu waktu sedang promosi CafeBisnis, saya bermaksud pasang iklan di CA. Waktu itu harganya cuma Rp. 100.000,-/bulan. Tapi karena mengulur-ulur waktu harganya keburu naik.
PPC Indonesia

Program periklanan yang diselenggarakan oleh PPC-PPC di Indonesia seperti KlikSaya.com, PPCIndo.com dan KumpulBlogger.com rata-rata memasang tarif per klik. Sebagai contoh kita pakai kliksaya.com. Untuk mendapatkan tampilan iklan sebanyak di situs selebritis, saya cukup membayar Rp. 43.950 (ini pengeluaran saya bulan lalu periode 1-31 Maret 2008). Berapa saya mendapatkan tampilan iklan? 114.150 tampilan iklan. Bandingkan jika saya memasang iklan di cosaaranda.com.

Saya sekarang sedang mencoba memasang iklan di PPCIndo.com, tapi belum sampai 1 bulan jadi belum bisa kasih komentar banyak. Dalam 9 hari terakhir ini saja, saya sudah mampu menampilkan iklan sebanyak 44.356 tampilan dengan jumlah klik 57 kali.

Dengan semakin banyaknya publisher PPC lokal, maka penampakan iklan anda akan semakin banyak juga. Dan dengan sedikit trik, anda akan mampu membuat iklan anda yang beribu-ribu itu menghasilkan klik-klik yang efektif.

KESIMPULAN

Menurut saya, memasang iklan di PPC Lokal untuk saat ini masih lebih murah. Dan berdasarkan pengalaman dari ahli-ahli marketing, iklan yang efektif justru iklan dalam bentuk teks. Sekarang coba tanya diri anda sendiri, jika ada banner ukuran standart 468 x 60 dan tulisan “Info Penting Klik Disini”, manakah yang akan anda klik?

Rata-rata pengunjung internet akan meletakkan iklan-iklan banner dalam blank spot alias tidak memperhatikan (termasuk anda bukan?). Apalagi jika banner itu di blog selebriti. Bisa dijamin pengunjung hanya akan melihat artikelnya saja dan mengabaikan iklan anda. Jadi walaupun “nampak murah” karena tidak menghitung jumlah klik yang terjadi, tapi anda sudah mampu menilainya sendiri.

Keuntungan lain jika anda memasang iklan teks, pengunjung akan dengan cepat membaca iklan anda. Sekali lihat, pengunjung akan dapat memahami iklan anda. Tentu saja anda butuh kata-kata penangkap yang manjur. Biasanya para pemilik blog membuat warna-warna iklan mirip dengan warna-warna blognya sehingga iklan anda seakan-akan bukan “benda asing” di blog tersebut.

Mungkin satu-satunya keuntungan memasang iklan di blog selebritis adalah gengsi. Ya, gengsi dong bisa meletakkan benda asing di blog selebritis.. hehehe.. Jadi, pilih mana? Saya harap selebritis yang disentil diatas ngasih komentar pembelaan. Maklum, saya kan ndak tahu dalemannya.

NB: Jika anda ingin memasang iklan di cafeblogger, silahkan KLIK DISINI untuk iklan disamping atau KLIK DISINI untuk iklan di artikel. Mumpung biaya per kliknya masih Rp. 350,-

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Strategi Promosi and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pasang Iklan Disini

  1. Wah nanti bisa coba ya Mas.
    Makasih, jazakallah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *