Pakai Hosting Gratis ada Enaknya

Saya pernah bikin artikel soal hosting gratis di cafebisnis. Disana secara umum saya tidak menyarankan penggunaan hosting gratisan. Kenapa? Karena memang ada cukup banyak aturan dan pembatasan yang diterapkan.

Tapi, jika anda cukup mahir, hosting gratisan adalah tempat meletakkan telor yang paling enak. Misalnya gini, anda butuh membuat dummy blog untuk SEO, maka anda butuh banyak hosting dengan IP yang berbeda-beda kan?

Nah, dengan sebuah script sederhana, anda bisa menginstallnya di beberapa hosting gratisan. Setelah itu tinggal pasang deh link2 ke website2 utama anda. Gak perlu update, toh kita cuma butuh 1 -2 halaman aja.

Perkara hosting gratisan ini, saya juga punya pengalaman sangat menyenangkan. Salah satu website saya sudah berada di sebuah hosting gratisan lebih dari 5 tahun. Dan alhamdulillah dia aman-aman saja. Dan hebatnya lagi dia sudah menyumbangkan ribuan dollar ke kantong saya.

Memang sih, saya membuatnya menggunakan script PHP sederhana. Dengan artikel2 sederhana yang cukup bermanfaat. Di awal2 terbitnya gak ada niat untuk mengkomersilkan website tersebut. Semua murni unjuk kebolehan membuat website dan tentu saja sharing sedikit ilmu.

Baru-baru ini saya coba lihat lagi scriptnya dan melakukan beberapa pembenahan. Jadinya makin keren.. hehehe..

Tapi buat yang masih belajar dan ingin lebih cepat mendapatkan uang dari bisnis online, saya sarankan anda membeli hosting. Yang murah-murah dulu aja. Karena jika anda mencoba hosting gratis, bawaannya cuma emosi melulu. Jadi, hosting gratis memang bukan untuk mereka yang belajar, tapi untuk mereka yang ngerti masalah perhostingan.

Anehnya lagi, aturan hosting sering berubah-ubah, jadi kita nggak pernah bisa ngajari bagaimana kalau begini dan begitu, anda harus mencoba2nya sendiri.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Hosting dan Domain. Bookmark the permalink.

7 Responses to Pakai Hosting Gratis ada Enaknya

  1. tobipuken says:

    thx informasi yang bermanfaat…

  2. informasi nya bermanffat thanks

  3. ada enak dan gak enak nya ya mas hehehe

  4. makasih ya infox
    sangat bermanfaat
    eh ngomong2 webx bagus
    gimana carax ya pakai blogger dengan domain sendiri
    aku udah pux domain tapi ga tau carax di set ke blogger

  5. Yasser ramli says:

    webx bagus
    tutorialx jg bagus
    pokokx cafeblogger man top dech

  6. MasEDI says:

    makasih mas infonya, tp sekaranag ini hosting berbayar pun makin murah harganya bahkan ada yg bs dibayar perbulan dgn fitur2 yg lbih mantab dr pd hosting gratis…
    C0z dr pengalaman saya pakai layanan hosting gratsi selama hampir 6 tahun, kalo dpikir ulang bnyak ruginya yg didapat…

    Beli Blog Hosting Murah Mulai Rp 10ribu/bln

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *