Menulis itu Seni

Jika anda ingin serius di bisnis online apapun bidangnya, maka modal utamanya adalah menulis. Jangan tergiur oleh bisnis cepat kaya yang mengatakan tidak perlu bikin blog, tidak perlu promosi, tidak perlu ngurusi script, dll. Lha kalau tidak perlu apa2 bagaimana mungkin kita dapat apa2. Ya kan?

Memang sih, dalam beberapa kasus kita memang tidak butuh itu semua. Tapi itu kalau anda sudah memiliki banyak hal yang menunjang diantaranya punya contact list orang2 yang mengenal dan percaya pada anda. Bukan cuma contact list doang lho. Mendapatkan contact list sih guampang banget. Saya dulu pernah gunakan software yang mampu menyedot banyak alamat email dari suatu web. Sampai 2000-an alamat saya dapat. Tapi hasilnya? Gak ada apa2-nya.

Satu-satunya cara agar orang mau mengenal kita dan percaya pada kita adalah dengan menjaga hubungan dengan mereka. Dan satu-satunya cara untuk itu hanya dengan menulis. Ya, bisa aja sih anda telp mereka satu per satu, tapi berapa pulsa tuh yang musti disiapkan.

Nah, yang aneh banyak pebisnis pemula yang langsung kendor semangat ketika tahu bahwa pintu masuk bisnis ini adalah lewat tulisan. Apalagi kalau pakai bahasa Inggris. Duuh.. bisa lari 1000 KM/ jam tuh orang.

Padahal menulis itu gampang. Yang bikin sulit adalah karena anda menjadi hakim atas tulisan anda sendiri. Udah gitu hakimnya galak lagi. Salah titik koma aja udah kena semprit. Akibatnya nulis jadi pekerjaan yang menegangkan, penuh peluh dan setelah duduk berjam-jam ternyata layar monitor masih kosong.

Lalu bagaimana biar bisa lancar menulis?

Gak bisa cari jalan lain selain bikin blog. Itulah sebabnya langkah awal yang selalu saya ajarkan kepada para pebisnis online adalah dengan membuat blog. Bukan berbisnis. Karena secanggih apapun bisnis yang anda ikuti, sehebat apapun produk yang anda pasarkan, kalau anda gak bisa nulis sama saja dengan orang bisu yang jualan produk asuransi.

Jadi mulailah aktifitas bisnis online anda dari blog. Bukan blog bisnis, tapi blog pribadi. Ceritakan apapun yang anda alami. Gak perlu panjang2 dulu, 2-3 paragraf udah cukuplah. bahkan blogger2 profesional dunia sering lho posting cuma 2 baris di blognya. Jadi, kenapa takut menulis.

Tapi bagaimana bisa dapat duit mas kalau nulis tentang diri sendiri?

Hei.. seni itu butuh jiwa yang berbahagia. Yang menyenangkan. Yang bebas dan tidak diberi target. Percaya deh, udah banyak orang yang saya paksa bikin seperti ini, eh mereka sukses juga. Padahal saya cuma ngajari bikin blog lho, gak ngajari mereka teknik aneh2.

Jadi mulailah menulis. Rumusnya 3 M:

– Menulis dari diri sendiri
– Menulis dari yang kecil
– Menulis dari sekarang

So, happy writing guys.. 🙂

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Belajar Menulis. Bookmark the permalink.

9 Responses to Menulis itu Seni

  1. arkasala says:

    Sepakat saya, karena masih merasakan, sering jadi hakim buat diri sendiri. belom apa2 sudah mengkritik diri sendiri. Jadinya bikin kendor. Trims atas motivasinya.

  2. bener… apalagi menulis punya banyak peluang passive income. Seperti yg pernah tak tulis di :
    http://ariefmaulana.com/2009/06/meraih-sukses-dengan-kemampuan-menulis/

    Salam sukses

  3. rizan says:

    bagus banget mas artikelnya

    pas banget,aku juga lagi belajar nulis nich

    makasih,salam kenal..

  4. Rudy says:

    Saya sih kalo udah terlanjur nulis bisa sampe 2 halaman rasanya gak kelar2, tapi sering bingung saat mau nulis, bahannya apa lagi nih? he..he.. abisnya gak kaya akan ide..:-)
    jadinya sering ambil tulisan orang (tapi pake injin lho)

  5. Ayo budayakan pebisnis internet yang rajin menulis

  6. n-Ry says:

    thx artikelnya….
    saya lg kecanduan ngeblog,hehe…
    moga blog saya nanti byk yg kunjungi. bs dpt duit jg kan,hehe…

  7. enzo says:

    setuju sekali….dan harus dimulai dari sekarang.
    terima kasih artikelnya….

  8. makasih bgt artikelnya, memotivasi saya untuk terus berkarya lewat internet…

  9. esti says:

    wow artikelnya bagus, mudah2an ketularan bisa nulis…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *