Membuat Tulisan Berseri

Nulis blog udah pernah, bikin artikel semi ilmiah juga udah. Mari membuat tulisan yang lebih menantang lagi yaitu tulisan berseri. Tulisan berseri menuntut kreasi terus menerus dari kita. Bagaimana sebuah tulisan bisa disajikan dalam beberapa post tanpa membuat pembaca menjadi bosan.

Membuat tulisan berseri juga mampu menjadi daya tarik blog anda lho. Apalagi jika tema yang anda usung sangat bermanfaat dan memang harus dibuat berseri agar jelas dan bisa diaplikasikan. Malah bisa-bisa artikel berseri akan menambah panjang daftar subscriber blog.

Artikel berseri juga sangat cocok dengan SEO. Anda bisa bermain banyak kata kunci sekaligus untuk tema yang sama. Walaupun artikel berseri, judulnya nggak harus sama kan? hehehe..

Saya sendiri mencoba mengaplikasikan artikel berseri di blog WordPress Indonesia. Alhamdulillah, traffiknya jadi meningkat dan jumlah subscriber juga bertambah. Selain itu, karena kita juga menempatkan link di tiap artikel yang mengarah pada artikel-artikel sebelumnya, maka ini akan jadi inbound link yang sangat bagus kan?

Lalu bagaimana trik membuat artikel berseri?

Pertama anda harus merencanakan untuk membuatnya menjadi berapa seri. 5 seri, 10 seri atau berapa terserah anda. Kalau memang step-stepnya memang banyak, serinya juga wajar kalau banyak. tapi untuk yang kelas teori, mungkin terlalu banyak seri dan terlalu banyak pengulangan akan membuat bosan ya.

Kedua Tulislah topik-topik utama dalam tiap-tiap seri. Ini akan mempermudah anda dalam menulis nantinya. Kalau perlu berikan keterangan singkat untuk tiap topik.

Ketiga tentu saja selalu mengatakan dalam tiap seri artikel bahwa ini adalah artikel berseri. Anda bisa beri list serinya atau link ke artikel yang pertama. Suka-suka hatilah.

Nah, berani terima tantangan ini? Yuk bikin artikel berseri ala anda sendiri. Jangan mau kalah sama penulis novel atau sinetron yang bisa bikin banyak seri dan tetap menarik untuk ditonton. 🙂

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia

This entry was posted in Catatan, Strategi Promosi. Bookmark the permalink.

6 Responses to Membuat Tulisan Berseri

  1. Farmasi says:

    Sy salah satu pelanggan artikel berseri tersebut. Emang bener teori ttg membuat theme yg boring, bisa jadi menarik. Perlu ditipu nih.

  2. KRISNA says:

    ntr tak cobain deh mas. maklum masih pemula.

  3. Rusa says:

    dengan tulisan berseri pembaca blog akan cepat kembali untuk mengecek postingan selanjutnya 😀

  4. Agung Sudomo says:

    hahaha, iya juga ya, denga begitu pembaca jadi penasaran dengan postingan selanjutnya
    nice info

  5. waaa keren.. thx gan infonya sangat bermanfaat

  6. kamaropini says:

    kayak novel ntar ya? bisa2 dibukukan juga tuh, mantab sarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *