Membuat Toko Ringtone

Sesuai janji, sekarang akan saya jelaskan lebih detil tentang cara membuat toko ringtone sendiri. Sebagaimana telah dijelaskan para pertemuan kemarin, kita akan berafiliasi dengan MediaPlazza.com untuk membuat toko ringtone online. Setelah saya pelajari, ternyata mediaplazza ini memiliki program affiliasi yang lebih unik daripada program-program lain yang sejenis. Maka bagi anda yang tertarik dengan bisnis affiliasi khususnya penjualan software handphone dapat mencobanya.

Oke, sekarang silahkan mengunjungi MediaPlazza atau mengklik banner dibawah ini untuk mendaftar sebagai afiliasi mereka.

Klik tulisan signup yang terpampang jelas di web mereka. Seperti biasa anda harus mengisi beberapa isian awal formulir pendaftaran mereka.

Mendaftar ke Media Plazza

Begitu anda klik Send, sebuah email untuk mengaktifkan keanggotaan akan terkirim. Anda perlu mengklik tulisan “Activation Link” untuk mengaktifkan keanggotaan anda. Sekarang anda berada di langkah kedua pengisian form. Isilah dengan baik dan benar lalu submit sekali lagi. sebuah email baru akan masuk ke inbox anda berisi email yang anda pakai dan password sementara untuk login.

Cara Login MediaPlazza

Sekarang anda bisa login ke halaman utama mediaplazza.com. Masukkan email dan password sementara anda. Agar tidak lupa saya sarankan segera mengganti password dengan password baru. Caranya klik menu Your Infos, Scroll ke bawah hingga anda menemukan kotak isian password. Isilah password baru disana.

Sekarang kita mulai bekerja menyiapkan website kita. Terus terang mediaplazza menyediakan begitu banyak tools untuk berjualan. Masih ingat apa yang saya katakan untuk menggabungkan mediaplazza dengan WordPress? Ternyata hal itu bisa dan mudah sekali dilakukan.

Tapi karena ini adalah materi workshop kemarin, maka saya akan jelasin apa yang udah dilakukan di workshop kemarin. Oke, anda sekarang perlu masuk ke menu Your Sites. Disana anda bisa memilih metode untuk memasarkan produk-produk mediaplazza.com

Beberapa diantaranya adalah :

  1. Content Generator : Disini anda bisa mengatur sendiri apa yang ingin anda tampilkan dan setting warna yang anda inginkan.
  2. Promotion Tools : Adalah perangkat promosi berupa banner untuk menjual produk anda melalui sub domain mediaplazza. Anda bisa memilih banyak subdomain sesuai jenis produk yang dijual.
  3. Turnkey Sites : Adalah halaman website siap pakai. Anda tinggal mengubah kode yang ada dengan username anda, maka jadilah sebuah website. Anda bisa memilih 4 jenis template yang ada. Jika anda cukup kreatif anda bahkan bisa membuat template sendiri atau bahkan menempatkannya di WordPress anda. Asyek kan?
  4. XML Engine : ini digunakan untuk menghasilkan file XML dari website kita. Search engine suka sekali dengan file XML, jadi kenapa tak dipakai saja?
  5. SEO dan Content / Operator Validation : Saya belum mencobanya tapi kelihatannya oke juga. Untuk yang Operator Validation, saya sudah coba cuma belum ngerti juga apa maksudnya.. hehehe

Sebagai awal belajar saya sarankan mendownload Turnkey Sites dulu. Anda bisa banyak belajar dari turnkey sites ini. Termasuk juga menempatkannya di WordPress.

Modifikasi Turnkey Sites

Mari kita coba memodifikasi turnkey sites dan dengan sedikit trick kita juga akan coba menempatkannya pada blog WordPress kita. Maaf, saya belum bisa membuat contoh penempatan di blog, soalnya saya masih bingung mau ditaruh dimana hasilnya nanti… hehehe

Oke, klik pilih Turnkey Sites dan dan coba download salah satu themes yang ada. Eit… saya ingatkan berhati-hatilah mendownload Hot Cell karena isinya benar-benar mengagetkan dan mengganggu konsentrasi belajar :D

Download Skin Rap untuk Ringtone Shop

Saya kemarin mencoba Skin Rap karena diantara yang lain, ini cukup bagus dan menarik tampilannya. Tapi pada workshop kemarin, peserta diminta mendownload dari webnya mas cosa. Yang di web mas cosa udah diedit sehingga lebih sederhana. Kalau aslinya scriptnya banyak dan rata-rata hanya bahasa saja. itupun sebenarnya gampang diatur. Saya mencoba menjelajahi bahasa Indonesia, eh ternyata gampang dan konsentrasi kita sebenarnya di file text/text_id.php karena semua isi bahasa ada disana. Kabar buruknya ternyata file ini belum dibahasa Indonesiakan… hehehe… Silahkan dirubah sendiri yah.

Setelah download selesai, anda bisa mulai mengatur konfigurasi web ringtone. Silahkan buka _config/config.php dan editlah tulisan

$sVHost = ‘www’;

gantilah dengan username anda di mediaplazza. Karena saya menggunakan username qzoners, maka scriptnya menjadi seperti ini :

$sVHost = ‘qzoners’;

Anda juga bisa merubah judulnya menjadi Judul anda sendiri. Untuk itu silahkan ganti tulisan

$sPageTitle = ‘RapMobile’;
$sTitleOrLogo = ‘RapMobile’;

Misalnya saya ingin mengganti judul web (akan ditampilkan di tag <title>) dengan “Download Ringtone Komplit” dan untuk headernya saya ingin mengganti dengan “QZonersTone” maka scriptnya menjadi :

$sPageTitle = ‘Download Ringtone Komplit’;
$sTitleOrLogo = ‘QZonersTone’
;

Pekerjaan selesai. Sekarang anda bisa melihat hasilnya. Bila anda melihat hasilnya secara offline, maka anda akan mengetahui ada halaman yang hilang. Ini dikarenakan isi web kita masih terhubung dengan mediaplazza. Jadi untuk isinya menggunakan IFRAME yang merujuk ke mediaplazza.

Kira-kira hasilnya seperti ini :

Dari sini saya pikir anda bisa mengerti, cara memasukkan produk mediaplazza ke wordpress. Ya, anda bisa mengcopy paste kode IFRAME-nya dan memasukkannya ke WordPress. Jika anda membuat blog tentang handPhone dan acessoriesnya, maka menempatkan produk di blog anda akan menjadi pilihan yang sangat bagus.

Selamat bermain-main… Semoga Sukses !!

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Afiliasi & Reseller and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Membuat Toko Ringtone

  1. gadis says:

    mas, bisa ga templatenya aja dimodifikasi, trus mo naruh di blog wp en ringtone bisa di kirim ke berbagai negara, ada tutorial ga, buat naruh di wp ?

  2. dedy says:

    …media plaza jelek coba…..downloads buat hp indonesia pasti ga bisa…saya sudah coba…

  3. mmi says:

    iya media plaza kurang bagus

  4. Mustofa says:

    Bagaimana setting Rekening Pembayarannya
    untuk bank indonesia bisa gak yah
    klo bisa dikasi tau caranya

    Thank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *