Memanfaatkan CPanel dengan Maksimal

Apakah anda memiliki hosting yang menggunakan cpanel? Biasanya kita hanya memanfaatkan cpanel untuk install WordPress saja di fantastico-nya. Padahal ada banyak menu cpanel yang bisa kita pergunakan untuk memaksimalkan fungsi hosting.

Saya tidak bicara soal fantastico ya? Saya yakin semua sudah tahu apa manfaat menu ini. Yup, menu ini dipakai untuk menginstall secara otomatis aneka CMS Open Source. Mulai blogging sampai forum dan e-commerce serta wiki ada. Di artikel ini saya ingin tunjukkan menu-menu yang lain yang mungkin jarang anda pakai padahal sangat bermanfaat.

Email Accounts

Menu ini dipakai untuk membuat akun @domain yang anda miliki. Misalnya nih domain saya cafeblogger.web.id maka dengan menu ini saya bisa bikin alamat email seperti lutvi@cafeblogger.web.id

Cukup masukkan nama akun-nya dan password serta quota, anda sudah punya akun email dengan domain anda. Bagaimana cara ngecek emailnya?

Webmail

Untuk mengecek email, anda bisa menuju menu webmail. Anda juga bisa langsung meluncur ke menu ini menggunakan alamat webmail.domainanda.ext contohnya webmail.cafeblogger.web.id

Masukkan email lengkap dan password untuk login. Maka anda bisa melakukan pengecekan email yang masuk, membalas email, dll sebagaimana email akun biasanya. Ada beberapa mesin pengelola email yang disediakan cpanel. Saya pribadi lebih suka pakai Roundcube karena full AJAX dan tampilannya keren 🙂

Backups

Ini adalah fasilitas untuk melakukan backup. Ada 2 macam backup yang disediakan. Pertama backup full. Maksudnya dia akan membackup seluruh system, email, file dan database yang ada di akun hosting anda. Biasanya fasilitas ini kita pakai saat pindah hosting.

Yang kedua adalah fasilitas backup database. Yang ini musti sering dilakukan. Download backup database anda secara berkala minimal tiap 5-7 kali postingan. Jadi kalau postingan anda sehari sekali berarti tiap 5-7 hari harus anda backup databasenya. Ada begitu banyak hal yang menyebabkan kita kehilangan hosting, jadi amankan data anda di komputer anda sendiri 🙂

File Manager

Yang ini mungkin sudah sering anda buka terutama yang sering bermasalah dengan WordPress-nya hehehe… Yup, file manager sebagaimana namanya, digunakan untuk mengelola file-file di hosting. Anda bisa melakukan copy, cut, menghapus, mengubah permission, mengedit bahkan membuat file dan folder baru.

Bandwidth

Jika dalam satu hosting ada beberapa web yang anda kelola, maka menu ini sangat cocok dipakai mengontrol seberapa besar bandwidth yang dipakai oleh tiap web. Jadi kalau ada salah satu yang overload bandwidth-nya bisa anda pikirkan untuk memisahkannya ke hosting yang baru.

Awstats

Ini adalah fasilitas statistik yang sangat lengkap. Anda bisa dapat laporan mulai berapa kunjungan per hari, berapa page view, dari negara mana aja, pakai kata kunci apa termasuk error-error yang terjadi di web anda. Dan menurut saya statistik dari awstats ini lebih valid daripada statistik pihak ketiga. Mengingat dia yang memantau secara langsung traffik di hosting anda. Sedangkan statistik pihak ketiga kalau ada 1 halaman aja yang tidak kita pasang ya dia tidak bisa detect. Bahkan pengalaman saya statistik pihak ketiga kecil, padahal traffik sebenarnya besar sekali.

PHPMyAdmin

Menu ini kita pakai untuk mengelola database. Biasanya kalau ada masalah dengan WordPress dan tidak bisa ditangani lewat utak-atik file, maka jalan terakhir adalah mengutak-atik databasenya. Dan lewat menu inilah kita bekerja.

Segitu dulu deh, ntar kapan-kapan dilanjut lagi… 🙂

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Hosting dan Domain. Bookmark the permalink.

2 Responses to Memanfaatkan CPanel dengan Maksimal

  1. Makasih-makasih boss, artikelnya bermanfaat sekali.

  2. RymeSaint says:

    nice posting gan..
    btw,tambahin dong article sekitar hosting..(yang bagus dan gak bagus nya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *