Mana Dulu?

Terinspirasi dari seorang kawan yang ngajak sharing ilmu kanuragan. Seringkali seseorang yang baru memulai mendaratkan kaki di bulan blogosphere kbingungan tentang apa yang harus saya lakukan pertama kali. Saya sendiri juga kadang bingung juga jawab pertanyaan itu. Nah, biar bisa jadi standart jawaban, saya buat deh artikel ini. Nanti kalau ada yang tanya lagi, aku tinggal kasih link artikel ini. hehehe… Beres kan??

Tetapkan Tujuan

Apa yang anda inginkan di dunia penuh kejutan ini? Ingin dapat teman, duit atau dapat istri?? Hehehe.. Jika sudah dapat, catat besar-besar di samping monitor kesayangan. Karena itu akan jadi tujuan berikutnya dan harus kita dapatkan !!

Mulai Belajar

Lho kok?? Ya, saya letakkan di urutan kedua. Karena sebelum punya tujuan, anda akan kebingunan sendiri darimana harus belajar. Jika anda ingin cari teman, pelajari betul2 cara mencari teman, jika pengen cari duit pelajari dengan serius cara mendapatkan uang, dan jika cari istri tentu aja harus lebih serius lagi.

Bikin Blog Pribadi

Saya ndak menyarankan anda membuat blog dengan topik tertentu. Karena anda akan terfokus dan terkotak sehingga sulit berkembang. Buatlah blog probadi dengan tema suka-suka. Artinya bukalah blog anda dengan artikel bertema apapun yang anda suka. Anda boleh cerita panasnya gurun dan diartikel berikutnya cerita kalau barusan nemu duit receh. Ssuka hati lah. Kalau lagi mangkel, tulis aja disana. Lagi naksir cewek, tulis aja. Siapa tahu dia baca dan ternyata suka sama kamu.. hehehe..

Oh iya, bisnis Internet kebanyakan butuh blog bahasa Inggris. Jadi, ada baiknya juga kamu selang seling dengan artikel-artikel berbahasa Inggris. Boleh translate dari blog lain, atau isi cafeblogger ini ditranslate semua.. hahaha..

Belajar Statistik

Setelah cukup lihai dalam menulis, kini pelajari cara melihat perkembangan web. Pasang aneka peralatan statistik. Saran saya gunakan Google Analytics karena mampu memantau keyword yang dipakai untuk menemukan webmu, berapa pengunjung sehari, dll.

Belajar Promosi

Apapun tujuanmu, pastikan untuk belajar promosi. Ada banyak sekali artikel-artikel tentang cara promosi. Silahkan cari dan pelajari baik-baik. Sepertinya di Cafeblogger juga ada kok. Saya kok lupa juga… hehehe..

Fokus

Saya yakin jika anda bisa sampai tahap ini, anda akan mulai lebih lihai. dan saatnya bersikap profesional. Pantau web pribadi anda, dan lihat topik apakah yang paling sering dikunjungi dan dibaca orang. Itulah topik yang paling cocok untuk anda. Anda senang mengerjakannya dan orangpun senang membacanya. Klop deh.

Investasi

Saatnya untuk investasi. Gunakan domain dengan nama sesuai topik. Hindari menggunakan nama pribadi kcuali anda adalah artis terkenal. Jika anda mahir dalam topik silat, maka belilah domain belajarsilat.com atau triksilat.net. Beli juga hosting, karena hosting berbayar sangat menghemat waktu dan tenaga. Karena kalau ada apa-apa mereka siap tanggung jawab.

Bersyukurlah..

Setelah semua udah dikerjakan. Bersyukurlah dan selalu bersyukur apapun yang terjadi. Jika masih kurang sesuai harapan, perbaikilah sedikit demi sedikit. Dan ingatlah untuk selalu bersyukur.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in WordPress Basic. Bookmark the permalink.

3 Responses to Mana Dulu?

  1. jepank says:

    Woww.. Artikel yang bagus mas.. Saya sendiri masih 1 minggu ini bikin blog.. Jadi artikel ini sangat membantu saya..

    Terima kasih

    http://www.jepank747.blogspot.com

  2. vicky says:

    mas??? lha katanya bikin blog pribadi??? kok jangan pake nama pribadi atau domain pribadi. kalau misalnya saya beli belajarsilat.com padahal gak semuanya artikel tentang silat, (misalnya isi artikelnya gado-gado alias campuran gimana dong???? )))

    JAWAB:

    Bikin blog gado-gado sebenarnya kurang bagus juga. Anda akan bingung apa yang mau dipromosikan. Hasilnya jadi kurang maksimal

  3. iklan baris says:

    blog saya kok sepi ya?
    bagaimana blog saya bisa ditemukan orang yah?
    apakah dengan mengganti titlenya
    salam kenal pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *