Cara Gampang Backup Database

Blog sangat mudah dibuat, tapi juga sangat mudah dihancurkan. Sekali hosting yang anda pakai bermasalah, lenyaplah semua data dan hasil kerja keras anda selama ini. Karena itu, seorang blogger perlu mempersiapkan segala sesuatunya, khususnya dalam masalah penyediaan data cadangan atau istilah kerennya Backup Database.

Syukurlah Binny VA telah membantu kita dengan membuatkan plugin database yang sangat powerful dan mudah digunakan ketika kita butuh data cadangan. Nama pluginnya Remote Database Backup.

Silahkan download di http://wordpress.org/extend/plugins/remote-database-backup/ atau anda bisa mencarinya menggunakan fasilitas Add New Plugins blog anda masing-masing.

Backup DatabaseSetelah plugin terinstall dan diaktifkan, anda bisa langsung menuju ke menu Tools – DB Backups. Langkah berikutnya cukup mudah, tinggal klik tombol Backup dan anda bisa mendownload database blog anda yang terbaru.

Untuk menggunakannya jika sewaktu-waktu anda butuh, tinggal masuk ke PHPMyadmin blog anda, lalu gunakan menu import. Selesai deh. Database anda sudah aktif kembali.

Untuk file-filenya, berhubung jarang sekali berubah, maka anda cukup mendownloadnya melalui file manager atau menggunakan FTP Client favorit anda. Yang perlu didownload adalah semua isi folder wp-content.

Kalau diperlukan, ya anda tinggal upload ulang isi folder wp-content ke folder wp-content yang baru. Enak toh, mantap toh? Nah, selamat mencoba 🙂

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in WordPress Plugins. Bookmark the permalink.

11 Responses to Cara Gampang Backup Database

  1. mantep bener mas… cocok utk plugin wp afiliasi neh… thanks ya

  2. Waduh, aku belum backup nih.

    parah banget

  3. micko henry says:

    cara restorenya bgm mas ?

    kasih tutorial dong

    JAWAB:

    Lha kan sudah dikasih diatas. Baca pelan-pelan dong. Main scrolling aja

  4. Mufid says:

    Terima kasih banget infonya…….soalnya saya baru mulai belajar ni,maklum………..

  5. abeecdick says:

    wah bagus juga tuh mas, kalo nanti ada apa2 khan udah ada backupnya, thank ya atas infonya, dan biar yang lain tahu mohon ijin buat ngebahas lagi di blogku http://juhayatpriatna.web.id

  6. Wah, tips nya bagus sekali,
    perlu di backup juga juga nih biar nggak kejadian.
    Thank buat infonya bro

  7. khairil says:

    Mantap ini yang saya vari bang, langsung coba ah…Eh bang kalau sempat mampir ya di blog saya http://khairilinsani.com.tks

  8. mantap… Perlu diterapkan nih

  9. Fauzi says:

    Ya, perlu sedia payung sebelum hujan … trims

  10. raden says:

    artikelnya mantap nih…saya baru tau nih maklum newbie

  11. indam says:

    Gimana dgn database username dan paswordnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *