Blogger Peka Momen

Profesi blogger bisa disamakan dengan jurnalis juga lho. Bedanya, kita menulis di media kita sendiri yaitu blog. Disitu kita sebagai reporternya, editornya bahkan manajer sekaligus SEO-nya. Media, bagaimanapun juga hendaknya punya banyak radar dan peka terhadap momen yang sedang hot di masyarakat. Gak peduli apa tema blog anda, dengan kreatifitas anda tentu bisa menghubung-hubungkan dengan momen yang ada.

Saya teringat sebuah tayangan infotaintment. Sejak di putuskan haram oleh MUI, mereka mengubah haluan dari ngerumpi kehidupan artis, menjadi sebuah tayangan berita hanya saja untuk tetap menghubungkan dengan dunia artis mereka ambil dari sudut artis. Bagaimana pendapat artis tentang peristiwa itu.

Lha bayangin aja. Apa hubungannya coba artis sama dukun cilik atau benda-benda ajaib di dunia. Bagi yang hidupnya di dalam kotak, mungkin ndak ada hubunganya. Tapi sisi kreatif manusia tentu dengan mudah mencari koneksinya.

Nah, sebagai blogger, kita bisa lho ikut andil dalam tiap momen walaupun mungkin ndak nyambung dengan tema utama blog. Caranya paling mudah adalah menanyakan bagaimana pendapat seorang blogger terhadap suatu momen tertentu. Jika misalnya tema utama kita bisnis, maka bisa dibuatkan artikel pengaruh bisnis terhadap kenaikan harga BBM misalnya.

Nah, coba sekarang kita mulai lebih banyak nonton berita dan berlatih membuat artikel soal berita itu dengan gaya sesuai tema blog. Mudah-mudahan ini bisa juga jadi ide segar baru bagi mereka yang masih bingung mau nulis soal apa.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Belajar Menulis. Bookmark the permalink.

8 Responses to Blogger Peka Momen

  1. andi susilo says:

    Mudah2an yang pertamax nih..
    Ya,,,dengan sedikit sentuhan kreatif sebenarnya apapun tema blog kita bisa dihubungkan dengan sesuatu yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali.
    Kemampuan harus perlu di asah terus menerus biar gak mentok buat update blog…
    matur nuwun.

  2. Dodi says:

    Setuju bos … !

  3. indra zudin says:

    Itulah hebatnya blogger. Reporter, Writer, Editor, Manajer.

  4. D-Quote says:

    ya… Saya setuju dengan akang peka terhadap momen adalah kunci keberhasilan namun kembali kepada jiwa sang blogger sendiri… terkadang momen ya momen tapi ko gak ngaruh ke aku ya. ( mudahan bisa difahami ). sebagai bloger terkadang kita mesti melepaskan keinginan diri sendiri dan kita mengambil perspektif dari pembaca… kita mesti tahu apa yang sebenarnya di inginkan pembaca di luar sana.

  5. Azhariscm says:

    berguna banget tulisan anda buat saya, maklum saya masih pemula dalam hal blog ini. Terimakasih

  6. Setuju pak….blogger memang harus peka menghadapi segala macam momen dan kesempatan. Ada kesempatan = Sikat n take action, biar gak keduluan ama orang lain. kan pepatah inggris mengatakan “First come, first served” siapa cepat, dia dapat!!

  7. Zidan says:

    Benar sekali om, kalo tidak peka ketinggalan ama yang lain.
    Thanks.

  8. Akhlak Islam says:

    Harus peka moment, makasih mas atas share yang bermanfa’at.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *