Blog Down Jangan Panik

Beberapa hari ini cafeblogger agak susah diakses ya? Hehehe.. ini karena saya ada masalah dengan pihak hosting. Entah kenapa web saya tiba-tiba nggak bisa diakses. Sampai akhirnya karena berkali-kali dapat email dari broker gara-gara kelamaan down saya putuskan aja untuk pindah. Apalagi memang kontrakan di hosting lama sudah hampir habis. Alhamdulillah sekarang sudah bisa terbit kembali hehehe…

Kasus blog down itu bukanlah hal baru. Setangguh apapun hostingnya, selalu ada kemungkinan terjadi crash. Namun server yang sip tentunya lebih jarang crash dibandingkan server yang ecek-ecek.

Ada 2 tindakan yang perlu kita lakukan untuk mengatasi hal-hal ini. Satu tindakan preventif yang harus sering dilakukan dan satu lagi tindakan yang dilakukan saat kejadian.

TINDAKAN PENCEGAHAN (PREVENTIF)

Tindakan pencegahan yang wajib kita lakukan adalah melakukan Backup secara rutin. Jangan bergantung pada fasilitas backup hosting. Bagaimanapun mereka menjaga banyak web sehingga tidak mungkin memeriksa satu per satu. Saran saya gunakan plugin WP DB Manager untuk melakukan backup rutin secara otomatis dan hasil backup-nya dikirimkan via email. Backup database adalah hal yang paling vital. Gunakan email tersendiri yang hanya anda saja yang tahu untuk menyimpan backup database ini.

Untuk file-file gambarnya, anda bisa download folder gambar di wp-content/uploads secara berkala sebulan sekali sesuai nama foldernya. Misalnya folder bulan Agustus 2011 berarti ada di wp-content/uploads/2011/08 dengan demikian jika terjadi sesuatu anda bisa mengembalikan semuanya dengan cepat.

Letakkan semua hasil backup dalam direktori tersendiri di komputer atau bisa anda copy di flashdisk dan simpan dengan baik. Untuk backup database karena sudah tersimpan di email, jadi anda tidak perlu mendownload dan menyimpannya di flashdisk. Saya pikir tetap di email akan lebih aman. Tentunya 1 bulan sekali coba login biar akun anda tidak di delete gara-gara dianggap tidak aktif.

Website hanya memiliki 2 komponen saja yaitu database dan file. Jika sudah dapat semuanya, anda sudah aman dari peristiwa apapun.

TINDAKAN SAAT KEJADIAN (KURATIF)

Bagaimana jika terjadi sesuatu dengan blog anda? Tiba-tiba blog tidak jalan dengan normal, bisa blank, tidak bisa diakses, dll. Jika ini terjadi, maka inilah yang harus anda lakukan.

Duduk dan minumlah segelas air serta tarik nafas dalam-dalam. Panik dan emosi justru akan memperkeruh suasana dan makin susah memperbaikinya.

Kenali apa yang terjadi. Ada banyak sebab. Kalau di hack biasanya kelihatan. hacker selalu narsis kok hehehe.. Kalau blank, berarti ada masalah dengan WordPress. Kalau tidak bisa diakses ada 2 sebab, salah name server atau name servernya dipindah oleh hosting tanpa sepengetahuan anda. Biasanya karena mereka membeli server baru yang lebih baik.

Segera kontak pihak hosting agar segera dicarikan solusi atau mungkin saran. Selalu sabar dalam berhubungan. Kalau kita marah-marah mereka malah takut nongol lalu kabur hehehe… Bagaimanapun kita tetap rugi. Jadi bawa slow aja. Point-nya disini adalah mengetahui apa yang terjadi. Jangan pasang target begitu anda kontak mereka web langsung online saat itu juga. Semua butuh proses dan beri kesempatan mereka memperbaiki keadaan.

Jika sakit berlanjut hubungi dokter hehehe… kayak iklan obat. Jika masalah tetap terjadi, anda bisa mulai mencari hosting alternatif lain. Tapi jika ini adalah peristiwa yang pertama kali terjadi di hosting itu, maka saya sarankan biarkan mereka bekerja. Kalau sudah terlalu sering, barulah kita pindah aja 🙂

Tindakan preventif, biasanya lebih mampu membuat kita lebih sabar dalam menghadapi situasi. Kalaupun servernya meledak kita nggak terpengaruh karena ada backup di kantong. Jika web anda tiba-tiba hilang hari ini, sudah siapkah anda?

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Hosting dan Domain. Bookmark the permalink.

12 Responses to Blog Down Jangan Panik

  1. untuk saya, baru bisa mem back up postingnya aja.

  2. Dhony says:

    Iya nih. Artikel2 yg kemarin di post linknya lewat twitter pd kagak bisa diakses. Rupanya masalah host toh. Bagi infonya dong Pak mengenai host2 yg sip, minimal ama member premiumnya. Biar kagak kagok mesti coba sana sini.

  3. nm iqbal says:

    hmhh, ..pantes susah saya buka 🙂

  4. ipoel says:

    wah,,harus siap siap ne.. sedia payung sebelum ujan..hehe. tar pasang WP DB ah.. 🙂

  5. Jackysan says:

    Wah… betul.. betul…
    kayaknya harus pasang plugin backup juga neh….
    Thanks infonya… sangat2 bermanfaat,…

  6. pdf says:

    Wah, mantabzz.. untungnya blog saya jarang pakai gambar he he 😀

  7. benar juga ya. panik bukan solusi. he he he, masak ada solusi harus panik. tips sangat manfaat dan saya pernah ngalami kayak gini. thanks

  8. kalau pake hosting gratis gimana mas perlu di back up .memori hosting memeang di batasi penggunaan kalau mengunakan gambar yang file yang size besar dan membuat memori cepat habis

  9. shendy says:

    permisi..
    senyum dulu donk jangan serius terus..
    http://www.youtube.com/watch?v=pA1K-B7DdIw

  10. Bagus says:

    biasa nyar saya tukar saja hosting nyer jika
    tidak sebagus servisnya

  11. eko susilo says:

    Nah ini yang akhir2 ini terjadi pada blog saya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *