Blog Bukan Karya Ilmiah

Entah apa pemahaman anda soal blog, tapi satu hal yang wajib anda ingat adalah bahwa blog bukanlah sebuah karya ilmiyah. Blog lebih mengedepankan pandangan seseorang terhadap suatu masalah. Dan sudah jelas penilaiannya sangat subyektif walaupun si penulis berusaha untuk se-obyektif mungkin.

Sebuah kritikan terhadap tulisan blog hendaknya tidak menuju kepada bagaimana proses penulisan itu dilakukan. Misalnya mengkritik apakah penulis sudah melakukan riset mendetil, melakukan wawancara atau survey. Atau berbagai metode penelitian ilmiah lainnya. Menurut saya itu jelas diluar wacana blogging.

Prinsip ngeblog itu nulis ya nulis aja. Kalau beda pandangan terhadap tulisan di blog, maka tugas anda adalah membuat tulisan tandingan yang menjawab atau meluruskan jika menurut pandangan anda salah. Dan lagi-lagi anda juga tidak akan disalahkan karena menulis di blog anda sendiri.

Meski begitu, sebagai seorang blogger, kita juga punya kewajiban moral. Jangan karena cuma pengen cari sensasi lalu bikin statement yang benar-benar salah. Atau memutar balikkan fakta dan memfitnah person tertentu.

Dan lebih amannya, jika memang kurang yakin apa yang kita sampaikan benar-benar suatu kebenaran, maka ada baiknya anda memberi referensi darimana anda bisa mendapatkan pemikiran seperti itu dan kalau perlu akhiri tulisan anda dengan permintaan maaf jika ada salah dalam tulisan anda.

Mudah-mudahan bisa jadi pedoman bagi blogger masa kini untuk lebih kreatif dan berani dalam berekspresi lagi.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Belajar Menulis. Bookmark the permalink.

3 Responses to Blog Bukan Karya Ilmiah

  1. Valeri says:

    Postingan yang keren mas membuat diri saya jauh lebih percaya diri untuk terus berkarya dan menulis di blog saya.kalau bisa buat lagi postingan-postingan semacam ini yang membangunkan mental para blogger newbie seperti saya unutk lebih pede dan kreative

  2. brento says:

    pokoknya nulis terus, kalo ada yang protes baruintropeksi diri.

  3. boim says:

    sepakat…ngeblog adalah ajang nuli opini, pandangan subjektif….

    ngeblog itu berkata, tak mesti sekata 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *