Belajar PHP dan MySQL

Jika kebanyakan blogger memulai belajarnya dari blogspot, saya justru memulai melalangbuana di dunia maya ini melalui script HTML. Dulu saya hanya bisa membuat web HTML biasa. Saya ingat, program favorit saya waktu itu Adobe PageMill. Awalnya saya menggunakan Dreamweaver, tapi ternyata DW kurang begitu sesuai dengan karakter saya yang suka kepraktisan dan usil. DW terlalu banyak memberikan tag-tag yang saya rasa sangat tidak perlu.

Dari HTML, saya kemudian mencoba belajar PHP. Beli buku PHP sampai 2 buah, cari artikel PHP di internet berbulan-bulan gak nemu sama sekali. Lalu pas ke toko buku saya melihat buku tentang ASP lalu saya pelajari. Waktu itu kalau ndak salah buku tentang ASP Nuke. Dijelaskan detail sekali sehingga saya mudah mengikutinya.

Akhirnya saya justru menguasai ASP lebih dahulu. Waktu itu databasenya baru pake file txt. Jadi gampang banget di hack. HAhaha… Untung sampai saya bisa PHP belum pernah web saya di hack orang.

Akhirnya setelah keenakan dengan ASP, saya kembali dihadapkan kepada kenyataan bahwa mencari server ASP sangat sulit. Mau tidak mau saya harus bisa PHP karena server yang support PHP sangat banyak. Lalu beli buku lagi dengan judul PHP Nuke. Hahaha.. hampir sama dengan ASP Nuke, tapi kali ini dia menjelaskan PHP dengan lebih mudah.

Setelah belajar sekitar 3-4 bulan saya pun mulai mahir memakai PHP Nuke dan mencoba mengembangkan script CMS saya yang pertama. Anda bisa melihatnya di http://gudanginfo.web.id.

Setelah itu perjalanan pengembaraan saya berakhir di blog. Blog pertama saya bukan blogspot apalagi wordpress. Tapi justru Blogdrive. Dulu blogdrive adalah blog yang paling gampang settingnya. Lalu iseng-iseng saya nemu e-book tentang WordPress berjudul WordPress Complete. Bukan WP Complete terbitan CafeBisnis, tapi WP Complete terbitan orang sono.

Nah, jika ditotal-total untuk belajar PHP saya butuh setidaknya 6-7 tahun. Saya terus mempelajari PHP sampai sekarang. Nah, ternyata ada temen yang cukup cerdik dan bisa menunjukkan cara belajar PHP yang lebih menyenangkan. Awalnya saat dia menawari webnya, saya pesimis. Halah mau ngajari PHP cuma dengan 4 langkah mudah?? Gak mungkiiinn!! Akhirnya karena dikasih gratis, saya coba aja. Dia sama sekali tidak minta apapun, bahkan artikel ini saya buat sendiri atas inisiatif saya sendiri.

Sebagai pengguna PHP bertahun-tahun saya melihat apa yang dia lakukan hampir mirip dengan yang dipakai di w3schools. Hanya saja, W3Schools baru menggunakan system tersebut pada tutorial HTML dan CSSnya. Anda bukan cuma mendapatkan e-book dan disuruh membaca. Saya jamin deh bakalan males kalau belajar PHP pakai e-book. Di web tutorial php-nya dia menggunakan 3 kolom. Kolom pertama berisi teori, kolom kedua berisi source code php yang sedang dijelaskan dan kolom ketiga berisi hasil eksekusi kode php yang dibuat.

Saat anda diberi kode PHP, anda bisa mencoba mengutak-atiknya sendiri dan langsung melihat hasilnya secara live time. Tidak perlu melakukan save dan upload ke server lagi. Dengan demikian anda akan merasakan bagaimana sensasinya bermain-main dengan kode PHP. Jika anda sudah menikmatinya seperti saya, 8 jam di depan komputer ngelihat kode PHP rasanya kayak main game aja. hehehhe… Ini kenyataan lho. Kalau saya lagi kerja dengan coding, wah kayak orang main game, susah dihentikan.

Tapi ide cerdas ini tentunya perlu biaya. Cuma perlu saya ingatkan dan silahkan anda pilih sendiri. Cara saya, yaitu beli 4-5 buku di toko buku yang habisnya sekitar Rp.30.000 – Rp. 50.000,- per buku ditambah coba-coba online yang tidak bisa dihitung lagi berapa pengeluarannya. Atau anda menggunakan cara praktis di web Tutorial PHP yang hanya memerlukan biaya Rp. 100.000,- saja. Biaya kursus online sekali seumur hidup dan anda bisa belajar dengan sangat mudah.

Sebagai bonus tambahan, anda buka hanya belajar PHP saja, tapi juga belajar MySQL. Ini adalah bahasa pemrograman untuk database. Anda harus bisa menguasai 2 bahasa ini untuk menjadi webmaster yang sesungguhnya. Sebagai penguat semangat anda dalam belajar, jika anda mau belajar PHP dan MySQL sekarang juga saya akan berikan bonus keanggotaan JagoPromo.com (Software yang mampu melakukan pemasangan iklan ke 200 lebih web iklan baris) Gratis selama 1 bulan atau senilai Rp. 29.500. Ditambah voucher CafeBisnis.com untuk melengkapi kemampuan anda senilai Rp. 50.000,-

Tawaran menarik bukan? Tapi ini hanya berlaku untuk 30 orang pertama saja. Siapa cepat dia yang dapat. KLIK DISINI.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Catatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Belajar PHP dan MySQL

  1. vicky says:

    aku ikut bos…..

    tapi ini sebenarnya yang ngajar mas lutvi apa orang lain?????

  2. Reza says:

    Ya ampun, html aja masih belum benar saya.

  3. mashengky says:

    wah 6-7 tahun! ini yang perlu diumumkan ke masyarakat mas..

    soale masih banyak temen2 yg baru ngerti internet sehari, udah blagu pengen jadi kaya raya lewat internet…

  4. Satria Safic says:

    joomla… saya pengen belajar joomla! padahal upload wordpress aja saya belum beres hehhhe

    belajar..! belajar! belajar!

  5. agieo says:

    mas mau tnya kalo hitung tanggal sekarang di kurang dengan tanggal kemarin trus di kali berapa rupiah gimana mas?
    maksudnya seperti kayak di perpustakaan kan ada tgl pinjam dan ada tgl kembali, kalo lewat tanggal kembali kan denda Rp500/hari. sintak di PHP nya tolong di kasih tau mas.

    Terimakasih

  6. Wah, kayaknya cocok nih ma kepentingan saya 🙂 coba tes ah… thanks ya infonya

  7. nurany says:

    wah semangatnya hebat,selalu semangat untuk jadi lebih baik,tapi ya itu html aja dah mumet pa lagi yang ini? hoo….hoo….hoo….

  8. nurul anggraeny says:

    6-7 thn bukan waktu yang lama,,,, gak gampang menelateni sampai waktu selama itu,,,pgen sih belajar itu tapi html aja dah pusing wadooo pa lg yang ini tapi lo semangate kyak mas yo siiiip lah

  9. mar_toe says:

    waah..,pkkna ane hrs bljr lbh giat lg nh ;-D
    yar jd org sukses :-))

  10. Fachriza says:

    Makasih boss, materinya OK….;)
    Neeh ada tool bagus buat belajar dan manage Mysql.
    Cocok buat yang beginner maupun expert …
    EMS Mysql MAnager namanya.
    download gratis di :
    http://supertechnomedia.blogspot.com/search/label/DB%20Tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *