Awali Karir Online dengan Personal Blog

Entah sudah berapa kali saya ditanyain langkah awal dalam membangun blog. Biasanya saya punya dua jawaban. Jika penanya memiliki 1-2 bidang yang digemari, saya akan langsung mengarahkan pada pembuatan blog dengan riset khusus di bidang itu.

Tapi bagi yang mengaku punya banyak minat atau bingung memilih bidang yang mau digeluti, maka saya akan mengarahkan untuk membuat sebuah personal blog. Kenapa kok memilih personal blog? Inilah alasannya

Namanya juga personal blog, maka isinya adalah sesuatu yang dekat dengan pemiliknya. Apapun yang ditulis, biasanya dekat dengannya. Contohnya dia menulis pengalaman terhadap suatu produk, menulis kenalan baru, pengalaman baru atau mungkin perjalanannya ke beberapa kota.

Isi personal blog biasanya lebih jujur dibandingkan business blog. Yah, maklumlah kalau blog bisnis atau blog marketing, walaupun tidak bohong, tapi lebih mengeksploitas sisi positif dan sisi bombastisnya. Bahkan tak jarang sebuah testimoni biasa-biasa, dipoles sehingga nampak sangat berkilau.

Karena kejujuran itulah, orang lebih suka membaca dan berlangganan blog personal dibandingkan blog bisnis. Ada rasa kedekatan antara pemilik blog dan pengunjungnya. Bahkan sudah jadi rahasia umum biasanya mereka kemudian saling berkunjung blog dan bahkan kopdar alias kopi darat yang tak jarang juga berujung pada negosiasi bisnis 🙂

Blog pribadi juga lebih diterima di semua komunitas. Misalnya anda join di suatu forum, maka jika anda meletakkan signatur berupa blog pribadi, maka biasanya sangat jarang dianggap spam, apalagi kalau anchor text-nya adalah nama anda.

Bagi yang masih belajar menulis, maka blog pribadi bisa dijadikan sarana untuk latihan menulis. Nanti setelah banyak berlatih, biasanya kecepatan anda dalam membuat artikel akan semakin terasah. Saat itulah anda bisa mulai fokus ke satu bidang. Nanti anda akan melihat sendiri antuiasme pengunjung saat anda membahas sesuatu.

Boleh jadi dalam satu bidang anda begitu membosankan dan kurang menggigit tapi di bidang lain anda bisa menjelaskan secara detil dan terperinci. Anda bahkan bisa menghidupkan diskusi dalam bidang tersebut. Maka, mulailah menjadi master di bidang itu. Kalau perlu beli satu domain lain untuk khusus membahas bidang itu saja.

Nah, jika anda bingung harus memulai dari mana? Kenapa tidak coba membangun sebuah blog pribadi saja? Gak mau beli domain dan hosting, anda bisa pakai layanan hosting gratis seperti blogspot.com, wordpress.com atau blogdetik.com yang penting segeralah memulai belajar menulis. Makin lama anda menunda, makin jauh anda akan tertinggal

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Belajar Bisnis Online. Bookmark the permalink.

11 Responses to Awali Karir Online dengan Personal Blog

  1. Wi2k says:

    Wah senengnya… dapet pertamax lagi nih om Lutvi 🙂

    Iya juga sih…
    Tapi berdasarkan pengalaman pribadi…
    Pertama kali buat blog seneng banget dan kalau ada bahan selalu pengin post
    Eh… lama2 jadi koq melemah dan postingnya jadi jarang…
    Apalagi sepi… wahhhhh tambah males 🙂

    Kasih solusinya dunk….

    • Lutvi Avandi says:

      Sekali-kali lakukan riset SEO biar ada yang nyodok di search engine. belajar terus pokoknya dan gak boleh cepet puas

  2. Ketemu lagi dengan saya mas he..hee kebalik yaw..mas pa kabar saya bukan member CB tapi beli bukunya di gramedia, ternyata ilmu mas tentang 10 ten google ampuh n mematikan, blog saya nangkring terus di 10 besar meleset dikit, persaingan 3,6 juta, llum byk sih mas tapi cukup bisa buat cerita ha..haa makasih mas kapan ke jakarta lagi.

  3. jarno says:

    Saya malah belum pede kalau bikin personal blog, ada tipsnya ?

  4. duniaku says:

    Iya bener sekali gan… harus mulai dari blog pribadi.. nanti lama kelamaan akan terlatih menjadi yang lebih serius dan menghasilkan income dari ngeblog… karena ane sendiri juga begitu..

    thanks inponya..
    cia yo

  5. Rifan says:

    Pada awalnya saya buat blog langsung pengen buat bisnis, tapi yang saya rasakan malah lebih menyenangkan jika dipakai buat blog pribadi. Selain bisa untuk sharing blog pribadi asyik untuk menambah kenalan atau teman-teman baru.

  6. awalnya memang saya mau membuat blog pribadi, tapi akhirnya lebih memilih membuat blog tentang aktivitas sehari-hari dalam bekerja, alasannya karna lebih banyak yang akan diceritakan daripada tentang diri sendiri yang selalu berkutat dengan pekerjaan dan keinginan untuk mengembangkan ilmu, sehingga ceritanya akan selalu berhubungan dengan pekerjaan dan jalan menuju sukses dalam belajar

  7. habibi says:

    iya benar sekali bro gan, ini yang sedang ane rancang membangun blog pribadi yang khusu ngebahas 2 atau 3 habby dulu hehe..

  8. saya udah berkali kali bikin blog personal, tapi banyak yang ditinggal 😀
    tapi sekarang lagi fokus sama 1 blog aja 😀

  9. Agen Bola says:

    personal branding juga ya bos.. mantab perlu dicoba tuh.. kayaknya menarik jika semua warga punya blog personal ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *