Alternatif Bisnis Blog Indonesia

Setelah berulang kali saya beri penjelasan tentang penggunaan AdSense for Content untuk blog Indonesia bahwa saat ini AdSense for Content belum diijinkan dipasang di blog berbahasa Indonesia. Tapi entah darimana asalnya, tiba-tiba aja terjadi booming munculnya blog-blog berbahasa Indonesia yang dipasang iklan dari Google AdSense.
Dengan semakin banyaknya pemasang iklan Google AdWords dari Indonesia, memungkinkan munculnya iklan-iklan untuk keyword berbahasa Indonesia. Tapi bukan berarti munculnya iklan di blog bahasa Indonesia menandakan Google AdSense memperbolehkan hal ini. Jadi, selama belum ada pengumuman resmi dari Google AdSense perihal penggunaan AdSense for Content untuk bahasa Indonesia, berarti pemasangan AdSense di situs berbahasa Indonesia masih DILARANG.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada pesaing dari Google AdSense. Bukan cuma satu, tapi TIGA !! Nah, kita harapkan tim Google AdSense akan melihat hal ini dan segera melakukan tindakan nyata. Karena kalau tidak, para pengiklan dari Indonesia akan beralih memasang di pesaing-pesaing lokal Indonesia tersebut. Siapa saja pesaing Google AdSense ini??

KLIKSAYA.COM

KlikSayaSebenarnya kliksaya ini lebih mirip AdBrite daripada AdSense. Pemasang iklan bisa menentukan sendiri mau pasang iklan disitus mana. Ada juga pilihan untuk memasang iklan di semua situs. Tampilan iklannya mirip sekali dengan AdSense. Dan perkiraan saya, kemunculan iklan kliksaya ini yang kemudian oleh para pemula dianggap sebagai iklan AdSense dan kemudian mereka rame-rame memasang iklan AdSense setelah melihat banyak situs2 lokal memasang iklan kliksaya.com.

Kembali ke kliksaya, sebagai pemasang iklan, anda bisa melakukan penawaran nilai per klik. Minimal tawarannya adalah Rp. 300,-. Misalkan pemasang iklan ingin memasang iklan di semua situs penerbit seperti yang saya lakukan, maka cukup mematok harga per kliknya. Jadi, jika anda melakukan deposit sebesar Rp. 100.000,- dengan pengeluaran per klik Rp. 300,- maka anda akan mendapatkan pengunjung sebesar 333 pengunjung unik.

Iklan yang muncul adalah iklan dengan harga per klik paling tinggi. Jika sama, maka akan digilir pemunculannya. Sebenarnya ada kelemahan system ini, yaitu jika ada pemasang iklan yang mematok nilai tinggi, maka iklannya akan terus muncul di setiap blog penerbit. Cape deeh.. Saya sudah mencobanya dengan memasang iklan Rp. 350 untuk semua penerbit dan hasilnya, iklan saya selalu muncul disetiap blog penerbit kliksaya … hehehe…

Bagi penerbit iklan, anda akan memperoleh 50% dari nilai tawaran. Misalnya ada yang memasang iklan di blog anda dengan tawaran Rp. 400,- maka anda akan mendapatkan Rp. 200 untuk setiap kliknya. Bagaimana jika pengunjung mengklik beberapa kali? Jika di klik berkali-kali, maka yang terhitung hanya sekali saja.

PPCINDO.COM

PPC IndoYang ini datang dari Surabaya (masih tetangga kota). Aturan mainnya sangat menguntungkan pemasang iklan. Kenapa? PPCIndo menerapkan system tarif flat untuk setiap iklan. Dan iklan yang muncul diacak sehingga tiap kemunculan bisa berbeda-beda. Dibandingkan dengan kliksaya, pengunjung akan melihat iklan-iklan yang berbeda saat menelusuri halaman-halaman blog.

Harga per klik dipatok Rp. 100,- dan semuanya diberikan kepada penerbit. Pihak PPCIndo hanya memotong sebesar 20% dari deposit. Jadi misalnya kita deposit Rp. 100.000,- maka Rp. 20.000,- akan langsung dipotong oleh PPCIndo. Sisanya Rp. 80.000,- akan dikurangi Rp. 100,- per klik. Jadi dengan Rp. 100.000,- anda akan mendapatkan 800 pengunjung unik. Murah bukan??

KUMPULBLOGGER.COM

kumpulbloggerSaya belum mencoba menjadi pemasang iklan di kumpulblogger.com, saya juga belum mencoba menerbitkan iklan kumpulblogger. Untuk tampilan iklan kumpulblogger memang paling berbeda dibanding PPCIndo maupun kliksaya. Tapi karena tidak ada pembatasan karakter untuk pemasangan iklan atau batasannya yang terlalu besar, sehingga iklan-iklan yang muncul tampilannya kurang menarik.

Saat saya menulis artikel ini, belum ada pemasang iklan di kumpulblogger. Harga pemasangan iklan di kumpulblogger bisa dibilang paling mahal. Per klik nilainya Rp. 500,- Walaupun mahal, pendapatan penerbitnya bisa dibilang kecil banget. Untuk Top Revenuenya aja dengan 5,734,736 tampilan, cuma mendapat penghasilan Rp. 291,000,-

Menurut saya, kumpulblogger harus lebih berbenah lagi dalam penyajian iklannya. Karena jika bertahan dengan kondisi seperti ini bukan tidak mungkin para pengiklan akan kabur ke pesaing-pesaing yang lain.

KESIMPULAN

Anda sudah melihat semua pesaing baru Google AdSense. Selama Google masih bertahan dengan keputusannya melarang pemasangan AdSense di blog Indonesia, maka kitapun harus melakukan sedikit shock terapi dengan mengalihkan iklan-iklan kita ke pesaing-pesaing Google diatas.

Perlu diketahui, pemasang iklan AdSense dari Indonesia rata-rata cuma berani melakukan tawaran yang kecil sehingga pendapatan kita rata-rata antara $0.01 – $0.03 atau dengan kurs Rp. 9.000 pendapatan kita cuma Rp. 90 – 270 saja. Udah gitu system pembayaran AdSense bisa dibilang sangat ribet. Bayangkan, setelah mencapai $100, kita masih harus menunggu cek datang selama 3-4 minggu. Setelah itu untuk mencairkan butuh 30-40 hari. Belum selesai sampai situ kita masih dipotong Rp. 100.000 jika di citybank atau $20 jika di Niaga.

Sedangkan ketiga PPC diatas, pembayarannya sebulan sekali dengan minimum pembayaran cuma Rp. 50.000 dan uang datang hari itu juga karena ditransfer ke Bank. Rata-rata menggunakan Bank BCA dan bisa menggunakan rekening Bank orang lain.

Nah, setelah mempertimbangkan itu semua, masihkah anda bersikeras menantang maut memasang AdSense di situs Indonesia?? Jika anda dibanned sekarang, lalu bulan depan bahasa Indonesia diijinkan, apa ndak menyesal nantinya?? Saran saya, sebelum Bahasa Indonesia diijinkan, mari kita majukan PPC Lokal. Baru setelah bahasa Indonesia diterima, hukum rimba kembali diterapkan hahaha.. Maju Tak Gentar Membela yang Bayar Tinggi..

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Pay Per Click and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

43 Responses to Alternatif Bisnis Blog Indonesia

  1. Rosyidi says:

    Dulu aku pernah baca di blognya mas budi ada 5 kalo gak salah yg lokal. Tapi blom aku coba. Ntar kapan2 aku coba 🙂

  2. ya, terlalu beresiko memasang adsense di indo.. tapi gw blum berani jg masang iklan ppc indonesia di blog bahasa indo ku

  3. softgame says:

    nampaknya akhir-akhir ini banyak juga yang posting tentang 3 situs yang terinspirasi oleh adsense ini..dengan adanya tiga program ini..ayo kota manfaatkan bersama-sama…itung-itung bisa jadi alternatif lowongan kerja bagi yang belum punya kerja…apalgi yang mahasiswa..jangan bebanin orang tua aj…mari cari penghasilan sendiri..nih ada cara gampang cari uang gak menyita waktu lagi..jadi kenapa gak dicoba..yang diperlukan cuma sedikit pengetahuan tentang dunia maya ini..and sedikit ttg blog…

    saya sebenarnya juga mau ikut tapi seperti kliksaya baru bisa menggunakan bank bca dan mandiri..padahal saya hanya punya rekening bank BNI yang dikasih ma Universitas…klo mau mbuka tabungan sendiri…wah belum ada ..fulusnya

  4. partisimon says:

    saya udah kon ppcindo.com , sepertinya pengiklannya makin banyak, dan tampilan iklan juga semakin cool

  5. arianto says:

    KAlo memang bener google adsense tdk mau masukan iklan ke blog indonesia payah juga dong.
    Tapi anehnya di blog aku yang berbahasa indonesia bisa tampil tuh iklannya emang sih lama bisa dapat $100nya tapi idenya boleh juga untuk memajukan PPC indonesia
    N kalo boleh tanya kenapa iklan google bisa tampil di blog aku ya, bisa minta penilaiannya bos ?
    Bravo indonesia

    JAWAB:

    Bukan tidak mau, kalau pasang iklan di blog Indonesia sih mau-mau aja wong cuma pasang. Tapi kalau bayar, nah ini… Tentang blog Indonesia kok bisa tampil iklan adsense, akan saya buatkan posting tersendiri

  6. ga kalah menarik, http://www.indofad.com. mohon doa restu.

  7. locjan says:

    dah ada yang earning belum?

  8. Ludvy says:

    Saya juga khawatir jika memasang iklan adasens di blog bhs Indonesia, makanya gak mau ngambil resiko takut dibanned oleh google. Padahal saya pemain baru dan masih banyak belajar. Sy mau nanya nih, kenapa adsense for referal tidak terdapat dalam account saya, padahal saya mendaftar adsense pakai blog bhs Inggris, yang ada hanya Adsense 4 search dan Adsense 4 content. Jika berkenan tolong jelaskan via email saya . Thanks

  9. cemy says:

    aku coba pasang iklan di kliksaya.com dan udah dapat source kodenya tapi ga bisa di pasang karena setiap simpan perubahan sourcenya hilang, udah coba code java ama html kedua2 nya ga bisa. ada solusi ga?

    JAWAB:

    Anda tidak boleh memang Javascript di WordPress.com

  10. salman says:

    kalo pasang ppcindo dan kliksaya dalam satu halaman digabungin melanggar gak ?

    JAWAB:

    Kayaknya sih ndak. Tapi kalau digabung dengan adsense, akan melanggar TOS AdSense

  11. @ Salman :
    Dari PPC Indonesia tidak ada larangan untuk memasang iklan dengan pihak PPC lainnya

  12. saya pikir kumpulblogger.com justru paling transparan dalam menyajikan statistiknya baik untuk blogger maupun untuk pemasang iklan. saya pasang iklan di kumpulblogger.com efektif banget, bisa tahu blog mana saja yang memasang iklan saya dan blog mana saja yang melakukan double klik. klik yang berasal dari robot ataupun mesin juga bisa di deteksi, sehingga pemasang iklan jelas asal usul sumber kliknya dan tidak dirugikan. sebelumnya saya pasang di google adwords , statistiknya tidak sejelas di kumpulblogger

  13. Ghufron says:

    Kalau pasang adsense 4 content diblog bhs indonesia trus ketahuan pihak google apakah langsung dibannee atau diperingatkan dulu?

    JAWAB:

    Kurang tahu juga. Tergantung suasana hati staf google.. hehehe

  14. Romeo says:

    Mau tanya kalau situs ngeblog gratisan di Indonesia mana aja ya? terus kalo pasang iklan lebih efektif dengan blog atau sekalian website aja ya?

  15. Kuya says:

    Saya sempat ikut Kumpul Blogger, namun kecewa karena earning tidak sesuai traffic, mungkin karena tampilannya yang kurang menarik. Lalu pindah ke kliksaya.com, walaupun cpc-nya kecil, tapi lebih banyak menghasilkan klik.

  16. awan says:

    bos blog aku kok g bisa masuk di search engine ya…

    gimana ne solusinya?

  17. ierone says:

    ah…nasi udah menjadi bubur, gara-gara daftar adsense sembarangan, banned deh blogku,
    untung ada PPCindo. jadi lumayan n semangat ngeblog.
    hidup ngeblog

    LIYAT AJA SENDIRI

  18. Pingback: Pasang Iklan Otomatis | Tanpa captcha » Blog Archive » Pendaftaran Bulan Pertama di Tutup

  19. Angga says:

    Wah setuju bgt dengan memajukan PPC dari Indonesia. Dengan menjadi pemasang iklan kita akan mendapatkan targeted traffic dari Indonesia. Saya juga sudah menjadi penerbit di Ketiga PPC di atas.

  20. sejauh ini mereka menurut ku masih kurang pro publisher… apalagi klik saya , jika kasusnya klik berkali2 namun yang ngeklik bukan fraud tentu ngak akan masuk itungan , seperti yang pernah dibahas di blognya mba dhini santi.. masih kurang pro publisher… 😛

  21. Panen Iklan says:

    SOFTGAME:nampaknya akhir-akhir ini banyak juga yang posting tentang 3 situs yang terinspirasi oleh adsense ini..

    Gak cuma tiga kok, masih banyak yang lain. Salah satu yang boleh dicoba adalah PanenIklan.com

  22. komangjay says:

    Wah thans banget, aku jug lgi belajar bisnis nih. oh ya bagi yang mau tau banyak tentang pengoptimalan blog untuk bisnis coba liat tips trik blog optimization di baliblogier.wordpress.com. klik nama saya untuk mendapatkan tips terkini

  23. komangjay says:

    Maaf gak maksud spam tapi liat ulasan tentang clik sense di sini.
    http://baliblogier.wordpress.com/2008/06/13/clix-sense30-detik-dapat-duit-tips-bisnis-blog-2/
    Clik sense merupakan solusi untuk mendapatkan duit tipa kelihatan 30 detik

  24. ziarah says:

    Thanks banget Bang, dah ngasih PPC lokal, Coz bahasa Inggris aq kurang, jadi bisanya yang lokal aja. Thanks ya..

  25. iqilho says:

    wahhhh PPC dah tutup ya ato under contr?

  26. Yugo says:

    Yosh… Hidup PPC Lokal… Beriklan aja harus pake bahasa orang lain. ck..ck.. Padahal gk bisa basa inggris he..he…he…

  27. jenggo says:

    Wah.. Menarik juga infonya, jadi tambah lagi pengetahuan tentang PPC Indonesia..

    Oiya, mo nambahin juga nih satu PPC yang lumayan menarik.. Baru aja gw daftar disitu : adspeedy.com

  28. firman says:

    terimakasih banyak atas infonya..

  29. Sawithea says:

    Wah good news bagi pecinta PPC, Jadi banyak pilihannya untuk program PPC. Mari jadilah pemain PPC yang baik dan benar. Jayalah selalu PPC Indo.

  30. Danny says:

    Hidup PPC indonesia.
    indonesia harus bisa!!

  31. kombes.com says:

    Vote, PPC Indonesia. PPC Mana Yang Lebih “OK” (KumpulBlogger.Com, AdSenseCamp.Com, KlikSaya.Com, AdSpeedy.Com, PPCindo.Com, PPCinbox.Com) Silakan Berikan Suara Anda Disini : http://forum.kombes.com/showthread.php?t=56

  32. dian says:

    Maju Tak Gentar Membela yang Bayar Tinggi..

    stuju….

  33. Chitosh says:

    adsensecamp masih membayar apa ngga ya?

  34. aliaz says:

    kalo mo ikutan ppc lokal pake blog wordpress bisa ga sih?
    Aduh, masih awam neh, tolong bagi info, tips or trick-nya donk. Thx

  35. tika says:

    mat kenal,admindan semu.blognya bagus dan menarik dan semangat para blgoger untuk kemajuan bersama.

  36. Hamzah says:

    Ada ppc baru neh, dah nyoba kali aja ada yang minat http://www.ppcindonesia.net

  37. feri says:

    aq baru mo nyoba nih diblog baru,tapi msh bingung mo pilih PCC lokal yg manaa,emang baiknya dmana?

  38. ferdy says:

    salam sukses…

  39. Aman says:

    Situs saya berbahasa Indonesia, tetapi pasang AdSense sejak 2003 tidak ada masalah dan tidak sampai di-banned. Barangkali karena waktu itu masih menggunakan alamat luar negri kali, ya. Soalnya sekarang masuk PSA, tidak dibayar, hehehe. Tapi kalau saya baca reason PSA-nya, belum memasukkan PIN setelah pemindahan alamat.

    Tapi jujur, hasilnya kecil. Kemarin saya coba unduh laporan all time AdSense untuk dipelajari. Ada lobang aneh yang mungkin bisa dijadikan trik.

    AdSense for Content, dari 14 ribu lebih page impression situs saya dan sekian klik, dapatnya tidak lebih dari $2 USD.

    Apa yang saya sebut aneh itu adalah semakin banyak pengunjung justru kita mendapatkan semakin sedikit earning per klik. Berharap iklan diklik itu sulit, jadi saya lebih mengandalkan impresi. Ada dua atau tiga kali yang dalam satu hari hanya ada 2 penunjung (pada awal-awal daftar AdSense), klik empat kali dapatnya langsung $3 USD. Apa tidak aneh? Rupanya: pengunjung / klik = earning <- begitu kali rumusnya. satu pengunjung dengan satu klik sama dengan 100%.. wahahaha..

  40. aku dpt saran utk pasang iklan adasense google, blog hrs berbahasa inggris agar cepat di terima, tp sekrng blm ada balasan, maklum aku pemula di internet

  41. Rahman says:

    Blog luar biasa, artikel2nya sangat menarik.

  42. fauzan says:

    mau tanya, saya sudah punya website, dan sudah saya daftarkan di google adsense dan sampai sekarang belum ada jawaban, padahal sudah hampir 2 bulan, kenapa ya?

    JAWAB:

    Mungkin webnya kurang meyakinkan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *