Agar Banyak Waktu Luang

Pernah ndak ngerasa kalau waktu begitu sempit. Rasanya kita begitu sibuk sampai-sampai tak dapat mengerjakan apapun. Saya sering seperti itu. Bahkan pernah selama sepekan saya sama sekali tidak merasakan pekan itu. Tahu-tahu sudah sepekan aja. Rasanyanya baru kemarin hari Jum’at eh ini udah hari Jum’at lagi.

Lalu saya coba-coba berpikir, benarkah saya ini ndak punya waktu luang sama sekali? Sedangkan para ustad-ustad yang begitu aktifnya dalam berdakwah masih sempat-sempatnya nulis beberapa buah buku. Lha saya yang seharian cuma nongkrong di depan laptop masa ndak punya waktu luang?

Akhirnya saya mencapai kesimpulan, bahwa sebenarnya bukan tidak ada waktu luang, tapi kita tidak mampu mengoptimalkan waktu yang ada. Seringkali kita bekerja tanpa tenggat waktu. Alhasil, kita jadi kerja seenaknya. Apalagi mereka yang bekerja sebagai freelancer atau pebisnis online.

Maka agar kita punya banyak waktu luang, satu hal yang harus kita lakukan adalah memberi tenggat waktu terhadap apapun aktifitas kita. Misalnya ngeblog, beri batas waktu sehari harus posting 1 artikel misalnya. Proses pembuatan artikel tidak boleh lebih dari 15 menit. Bahkan kalau perlu ada reward and punishment. Kalau gak sukses, maka hukumannya adalah infaq 10.000 kalau berhasil, boleh ngegame selama 15 menit.

Dengan memasang target-target, maka otak akan efektif bekerja. Sehingga seolah-olah ada bos di belakang kita yang selalu mengawasi. Dengan selesainya banyak kerjaan maka waktu luang menjadi lebih banyak.

Sekarang saya malah kebanyakan waktu luang sehingga sempat aja bikin majalah bisnis online gratis yang diterbitkan tiap bulan. Silahkan lihat kalau pengen tahu 🙂

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Catatan. Bookmark the permalink.

3 Responses to Agar Banyak Waktu Luang

  1. ibnu ismadi says:

    sama kya aku, cepet banget rasa na berjalan na waktu ne..ampe2 ga terasa bentar lagi bln puasa..mgkn wkt dah ga berkah ya..

  2. masyhury says:

    Hahaha…
    susah mas kalo sudah berurusan dengan waktu…
    apalagi bagi yang punya job kayak saya, kerja, kuliah, ngeblog.. 😀

  3. iya bener sekali mas saya member cafebisnis alghina, sy coba ingin bisnis tapi kepentok ma kerjaan terus dan perasaan ga da waktu mau bisnis online. oh ya trims ebooknya memang bagus mas lutvi.

    Gunawan
    timbangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *