AdSense di Blog Indonesia

Waktu mencoba menelusuri blog-blog Indonesia yang memasang iklan Google AdSense, saya menemukan 3 blogger yang sering jadi rujukan menyesatkan. Saya sendiri kurang tahu, mereka paham atau tidak aturan Google AdSense. Semoga dengan artikel ini mereka tersadar atau Google AdSense yang sadar sehingga perlu mengubah aturannya.

Ketiga Seleb ini yang mungkin jadi biang kerok munculnya banyak iklan AdSense di blog berbahasa Indonesia:

  1. Ilmu Komputer dot Com <== Rujukan semua webmaster, tapi kok aturan dasar aja ndak tahu
  2. Priyadi dot Net <== Suka protes, tapi rupanya nggak tahu aturan juga
  3. Rosyidi dot Com

Tidak saya kasih link karena ngajari ndak bener. Jadi, dimana pelanggarannya? Coba buka aturan Google di bawah ini :

Site Content

Disitu dijelaskan web yang boleh memasang iklan adsense for content adalah web yang menggunakan bahasa yang disahkan. Apa aja bahasanya? Silahkan lihat disini. Bahasa Indonesia tidak termasuk. Dan hanya didukung untuk AdSense for Search aja.

In addition, AdSense for search is available in Indonesian, Thai, and Vietnamese. These languages are not supported for AdSense for content pages.

Bagaimana Iklan kok Tetap Muncul?

Dengan semakin berkembangnya bisnis online Indonesia, banyak bermunculan juga pemasang iklan dari Indonesia yang tentu saja target marketnya Indonesia juga. Disinilah timbul ketidaksengajaan. Saat ada pengunjung dari Indonesia, mendatangi web Indonesia yang dipasang AdSense. Tentu saja iklan akan muncul. Kenapa? Karena pemasang iklan yang memintanya untuk muncul jika iklan diakses dari Indonesia.

Iklan ini bukan cuma muncul di web berbahasa Indonesia, di web bahasa Inggrispun akan muncul jika keyword yang dibidik ada dalam web tersebut. Ingat, Google bukan Tuhan yang tahu segalanya. Robot AdSense hanya mencari kata kunci di suatu blog, setelah menemukan, dia mencari iklan yang menggunakan kata kunci tersebut.
Saya punya temen yang suka main AdSense dan dia pasang iklan di hampir semua keyword. Tentu saja, dengan bid yang sangat rendah. Dan dalam forum yang saya ikuti, ada trik supaya iklan kita muncul dengan biaya yang murah.

Kesimpulannya, AdSense for Content untuk Indonesia masih belum boleh dilakukan. Ingat, BISA tidak sama dengan BOLEH. Semua orang BISA mukul orang. Tapi kan tidak BOLEH. Jadi, buat yang udah pasang AdSense di web berbahasa Indonesia, hilangkan aja dulu deh. Sabar dikit, para pebisnis online Indonesia dengan iklan-iklannya di AdWords insya Allah akan mampu merubah kebijakan Google AdSense.

About Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia
This entry was posted in Pay Per Click and tagged , . Bookmark the permalink.

39 Responses to AdSense di Blog Indonesia

  1. sahabat88 says:

    mas… diajari dong tentang bisnis iklan lewat blog yang mudah da detail…thanks…

    JAWAB:

    Silahkan baca disini:

    http://cafeblogger.web.id/belajar-bisnis-online/pay-per-click/alternatif-bisnis-blog-indonesia.html

  2. locjan says:

    ada yang tau kisah pengguna wordpress yang sukses dengan adsense nggak? situsnya? buat referensi!

  3. Azis says:

    You’re right bout AdSense in indonesian content blog!
    Wanna ask you somethin: i’m planning to make a blog in wordpress but with 30%ind content. Is it okay to display ads? Thanks before!
    Regards!

    JAWAB:

    Keep away AdSense ads from Indonesian Content

  4. Mas, klau yang dipasang didalam posting di atas, adsense lokalnya?

  5. akta4 says:

    perasaan iklan adsense indonesia muncul sendiri deh…. kan kalo kita pasang di web berbahas indonesia harusnya keluar sosial… tapi sejak awal maret keluariklannya… saya nggak tahu kenapa… apa melanggar TOS (lihat blog saya)

  6. Untara says:

    perasaan emang AdSense dah boleh untuk indonesia ya?
    karena tulisannya sekarang bukan lagi “Ads By Google” tapi “Iklan Oleh Google” jika kontennya berbahasa Indonesia

    Cuman yang ilmukomputer.com itu emang kebangeten .. kentara sekali ‘nyuruh’ nge-klik iklan AdSense-nya (ini melanggar TOS)

    Lihat saja di RELATED SITES atau LINK SITUS YANG BERHUBUNGAN, dua kata ini .. apalagi kalau maksudnya bukan mengarahkan pengunjung buat nge-klik! Mending kayak punya akt4 ye .. langsung pasang en pasang tanpa embel embel dua kata itu 😉

  7. arini says:

    Hebat mas mas ini

  8. captain says:

    Yummii…Ya iyalah Hebat Lha WOng Makanan Tiap harinya.

  9. Stoner says:

    Wah baru tau neh ada permasalahan kayak gini

  10. Tantan says:

    Mas..Saya teh,,kpengen buaanget buat blog sendri,,kata dosen tea mah,”mah

  11. Pingback: AdSense di Blog Indonesia « Belajar Ngeblog

  12. vicky says:

    HAhahahha….. emang aneh tu si mas rosyidi, aku juga sampe bingung.. napa kok iklan nya di pasang di situs indonesia. perasaan di UUD itu kan larangan…..

  13. 2FuN says:

    Yang sini aja belum bisa gituan,
    kok sana dah bisa lebih daripada gituan ya….

    JAWAB:

    Ya Gituan deh

  14. Rosyidi says:

    Tidak saya kasih link karena ngajari ndak bener.

    Kebalik. Justru karena gak dikasih link 3 blogger yg mas anggap seleb itu gak tau yg bener. Soalnya biasanya aku membaca backlink yg terdeteksi oleh technorati. So, mana mungkin aku bisa tau posting ini kalo gak ada yg beritau.
    Karena gak terdeteksi ama technoratiku, so aku gak tau sebelumnya. Aku baru tau waktu ada yg tanya ke aku langsung, dan dikasih link ini.
    OK.
    Kalo penjelasanku : Rosyidi.com isinya gak cuma Indonesia. Kontennya campuran. Kadang2 Dwilingual. Dan ada juga yg English. So, Menurutku gak ada masalah. Toh kontenku ada yg bahasa Inggris juga. Sejauh yg aku tau google gak melarang dwilingual.
    Untuk Priyadi juga dwilingual. Meskipun akhir2 ini gak pernah lagi tulis English. Buktinya dari dulu dia pasang gak ada masalah juga.
    Kalo ilmu komputer, tanya ama gak tau aku. Tanya ama mas Romi aja.

  15. ya pasang aja deh .. seleb2 kita aja lolos… kalo sial ya.. kita gugat google aja deh sama2.. masa pak romi lolos2 aja 🙂 sedangkan kita tidak termotivasi untuk ikutan hehehe.. hanya pendapat saya

  16. marchel says:

    Saya masih ga tau cara narik trafik.. hehe

  17. Agung says:

    Saya gak gak pinter bahasa inggris, gak punya kesempatan dong buat ikutan google adsense?
    Coba buat blog bahasa indonesia, tapi gak bisa meningkatkan trafik, ikutan belajar dong!

  18. neno says:

    ow gak boleh ya mas, kalo bahasanya campuran bahasa indonesia sama bahasa Inggris boleh gak? 🙂

    JAWAB:

    Kalau banyak bahasa Inggrisnya ya ndak apa-apa. Setidaknya 70% isinya bahasa Inggris. Navigasi juga bahasa Inggris. Jadi yang bahasa Indonesia cuma selingan doang

  19. Sandret says:

    Bisnis uang panas dari haryoprabowo.com, betul apa tdk, q trtarik ni.Tlng dijwb

  20. samhadi says:

    dari pertama buat blog aku di tawarin adsense formulirnya bahasa indonesia lagi,wah seneng,eh setelah daftar gagal tidak suprot bahasanya,skarng blognya udah acak acakan penampilannya,minta ilmunya dunk..

  21. Harry says:

    Halo apa kabar,lam kenal, wah yang bener nih mas, aku bru tahu kalo sebenarnya adsense belum bisa di blog indonesia. Terima kasih atas info di artikel ini. Kalo nanti aku sadur dari atikel ini boleh ya?

  22. Danang says:

    Mas kalau blogku yg bilingual bisa dpake adsense gak? aq tiap posting pake 2 bahasa, yang d atas english trus d bawahnya d ikuti bhs indonesia. Thanks a lot.

    JAWAB:

    Bisa

  23. BangDhika says:

    Waahh.. makasih atas infonya mas… tadinya mo ikutan tak rubah kodsenya biar bisa tambil di web saya, setelah membaca artikel ini saya jadi ngeri, pasalnya kan sumber penganghasilan nantinya, pengalaman di paid reviews yang tadinya dah menhasilakan $$ setelah mereka tau aslinya blogku bahasa indonesia ya.. akhirnya kena ban… makasih ya mas.. sedang mencoba belajar di dunia WP…. success…

  24. Adi says:

    Adsense di blog saya yang muncul selalu iklan layanan sosial, dulu awal2 pernah muncul sesekali tapi gak pernah lagi muncul selain iklan sosial itu. sempet juga ada yg ngasih tau penambahan kodenya, tapi ya itu takutnya malah makin susah adsense support ke bahasa Indonesia. Artikel yang bagus, mas 🙂

    JAWAB:

    Ya kalau webnya berbahasa Indonesia sih emang gak bisa. Kalaupun bisa, itu melanggar aturan google AdSense

  25. nada sumbang says:

    Menurut saya sih sah2 saja adsense mau dipasang dimana…karena resikonya ditanggung masing2. Jika suatu saat akun nya dibanned itu urusan masing2

  26. Sanwib says:

    Thank’s banget ya mas…
    Kebetulan aku punya blog bhs. inggris dan asli…

    Trus aku dah daftar di adsense google so di approve…
    Trus aku coba untuk memasang ads google di blog-ku tap tidak muncul kenapa ya… ? (waktu itu aku coba kode HTMLnya.. Untuk pakai add gadgetnya tidak ada adsensenya kenapa ya ?)
    Mohon pencerahan karena aku baru pemula bikin blog…
    Terimakasih banyak Mas…. goodluck !!

  27. widiz says:

    bro saya mau tanya dong kalo saya bikin 2 flag bisa ga jadi satu flag indo satu lagi flag english dengan index indonesia

  28. jumadi says:

    terimakasih atas info tentang adsense,kebetulan saya juga punya blog berbahasa inggris, dan sudah mengikuti program google adsense.namun setelah saya pasang iklan kok blm ada yang mengunjungi,kalo bisa bagi pengalaman dong bagi yang tau bagaimana supaya blog saya bisa tampil di halaman atas google search

  29. fauzy says:

    terima kasih aku ucapkan atas pencerahannya… 🙂

  30. rak says:

    Nampilin hasil search gimana ya?

    thank semua

  31. wangmuba says:

    makasih bro tuk infonya

  32. psi4success says:

    wah tulisan yahut bro
    terima kasih atas info penting dan berharga ini

  33. lukman says:

    program apa (blog)yang bisa menampilkan 2 pilihan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Seperti di wwww.yogyes.com
    trims (email: lukiyopi@yahoo.com)

  34. onlygrace says:

    iya nih aku pasang adsense di blog berbahasa indonesia alhasil keluarnya public service ads

  35. Mr. Amateur says:

    penjelasannya lengkap…
    thanks…

  36. imam says:

    thankzz penjelasannya

  37. dominic says:

    untuk yang susah daftar adsense karena kekurangan content Bahasa Inggris. ini linknya
    http://www.famousbookshop.com
    ada +16.000 content english version. GRATIIIS. serta ribuan Premium Ebook FREE. selamat mencoba, semoga berhasil.

  38. video2be says:

    Pencerahan yang sangat bermanfaat, terimakasih atas ilmunya…
    salam kenal dari VIDEO2BE

  39. Zka June says:

    Saya sangat setuju.. Couldn’t agree more.. We are Indonesian, we have to be proud of being a good-manner-Indonesian… 😉

    Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *