Monthly Archives: February 2011

Membuat Tulisan Berseri

Nulis blog udah pernah, bikin artikel semi ilmiah juga udah. Mari membuat tulisan yang lebih menantang lagi yaitu tulisan berseri. Tulisan berseri menuntut kreasi terus menerus dari kita. Bagaimana sebuah tulisan bisa disajikan dalam beberapa post tanpa membuat pembaca menjadi … Continue reading

Posted in Catatan, Strategi Promosi | 6 Comments

Jangan Malu Ngasih Sumber

Menulis blog mungkin kita sudah biasa. Biar lebih menantang, kita perlu sekali-kali mencoba menulis sesuatu yang berkualitas. Boleh jadi tulisan tersebut membahas suatu masalah secara serius. Demi melengkapi tulisan kita, maka kadang kita cari referensi dari blog-blog atau situs lain … Continue reading

Posted in Belajar Menulis | 14 Comments

Blogger on Mission

Entah dengan anda, tapi banyak sekali blogger yang memiliki misi terselubung dalam aktifitas bloggingnya. Menurut saya, ini sangat bagus sekali. Dengan memiliki misi, kita jadi punya arah. Tanpa ada misi, blog jadi asal nulis dan tidak punya muatan apapun. Just … Continue reading

Posted in Catatan | 11 Comments

20 Password yg banyak dipakai

Salah satu metode untuk mengambil alih admin blog anda adalah dengan mengujicoba beberapa password. Dan 20 password ini biasanya akan jadi prioritas pertama para cracker untuk menyusup ke admin area blog anda. Jika anda pemilik password-password ini, segera rubah sebelum … Continue reading

Posted in Catatan | 19 Comments

Blogwalking anti Nyepam

Sebenarnya yang dimaksud spam itu apa sih? Dulu istilah spam hanya dipakai di email karena email merupakan wilayah privacy dan tidak sembarang orang boleh dengan seenaknya mengirimkan email ke kita tanpa persetujuan dari kita sebelumnya. Apalagi isi emailnya benar-benar tidak … Continue reading

Posted in Strategi Promosi | 20 Comments

Pentingnya Tanda Baca

Ngeblog berarti berbicara melalui bahasa tulisan. Untuk itu anda wajib membubuhkan tanda-tanda baca agar persepsi pembaca sama dengan persepsi anda. Walaupun di artikel sebelumnya saya menekankan bahwa ngeblog bukan seperti menulis karya ilmiah, tetapi ngeblog adalah seni berbicara menggunakan bahasa … Continue reading

Posted in Belajar Menulis | 2 Comments